Kerja Bareng Dokter hingga Bidan, Bupati Ipuk Pacu Penurunan Angka Kematian Ibu dan Bayi

- 28 April 2023, 18:01 WIB
Bupati Ipuk telah menggelar rapat koordinasi percepatan penurunan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB)
Bupati Ipuk telah menggelar rapat koordinasi percepatan penurunan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) /Pemkab Banyuwangi/

RINGTIMES BANYUWANGI– Pemkab Banyuwangi terus mendorong penurunan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB).

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani melibatkan para dokter, perawat, hingga para bidan dalam penanganannya.

“Sama seperti dengan penanganan stunting, upaya penurunan AKI dan AKB tidak bisa dilakukan sendiri oleh pemerintah. Diperlukan sinergi dan kolaborasi berbagai pihak dalam penanganannya, baik medis maupun paramedis,” kata Bupati Ipuk, Jumat, 28 April 2023.

Baca Juga: Aston Banyuwangi Gelar Pengundian Grand Prize Umroh Gratis Cerita Rasa Nusantara

Bupati Ipuk telah menggelar rapat koordinasi percepatan penurunan AKI dan AKB, pada Kamis, 27 April 2023 yang digelar secara hybrid dari Pendopo Sabha Swagata Blambangan itu diikuti direktur RS pemerintah/swasta, kepala puskesmas, dokter, bidan, serta dokter spesialis Obgyn (SpOG), dan dokter spesialis anak (SpA) se-Banyuwangi.

Pada 2022, terdapat 25 kasus kematian ibu dan 134 kasus kematian bayi, dan data inilah yang memicu Pemkab Banyuwangi untuk berkomitmen menurunkan angka kematian ibu dan bayi di wilayahnya.

“Ini PR yang harus kita keroyok secara bersama. Kita tidak bisa bekerja sendiri-sendiri. Mari kita samakan persepsi dan menyatukan langkah untuk meningkatkan jejaring, kecepatan, dan kualitas pelayanan kesehatan untuk mempercepat penurunan AKI dan AKB di Banyuwangi,” kata Ipuk.

Bagi Ipuk, penguatan jejaring antar fasilitas layanan kesehatan sangatlah penting guna mewujudkan layanan kesehatan terintegrasi dari hulu hingga hilir, sehingga masyarakat bisa terlayani dengan baik.

Dari hulu, kata Ipuk, puskesmas sebagai fasilitas layanan dasar bertugas melakukan pelayanan promotif dan preventif.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x