Juara Jagoan Tani Banyuwangi Raih Young Ambassador Agricultulture 2023 Kementerian Pertanian

- 10 Mei 2023, 07:52 WIB
Young Ambassador Agricultulture 2023 Syva Dila Kharisma.
Young Ambassador Agricultulture 2023 Syva Dila Kharisma. /Pemkab Banyuwangi/

RINGTIMES BANYUWANGI- Juara Jagoan Tani Banyuwangi 2022 Syva Dila Kharisma (22) berhasil menyabet gelar Young Ambassador Agricultulture 2023 Kementerian Pertanian.

Perempuan yang akrab disapa Risma itu berhasil menjadi salah satu yang terbaik, menyingkirkan seribuan anak muda lainnya.

Risma menjadi satu dari 50 Young Ambassador Agricultulture yang dipilih oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan.

Baca Juga: 77 Penyair dan Sastrawan Banyuwangi Luncurkan Antologi Sulur Kembang Sritanjung

Awalnya, kompetisi antarpelaku usaha pertanian itu diikuti oleh 1.051 peserta. Setelah penjaringan beberapa tahap, 50 anak muda dipilih untuk mewakil tiap daerah di Indonesia.

"Di Jawa Timur ada empat terpilih mengikuti kompetisi lanjutan Young Ambassador Agricultulture, saya salah satunya," kata penggagas Startup pertanian Durian Garden itu, Selasa (9/5/2023).

Sebagai duta, Risma punya tugas untuk mengenalkan dunia pertanian modern kepada sejawatnya.

Sesuatu yang tak terlalu sulit bagi Risma sebab hal itu telah ia galakkan sejak pertama kali mendalami dunia pertanian durian di Desa Bayu, Kecamatan Songgon.

"Saya ingin mengajak anak muda untuk mendalami dunia pertanian agar tahu bahwa petani tidak selalu kotor dan miskin. Tapi petani jika dijalankan dengan konsep modern juga bisa bersih dan kaya," sambung Risma.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x