Jadi Pilot Project MPP Digital Nasional, 21 Kabupaten/Kota Ikuti Bimtek di Banyuwangi

- 13 Mei 2023, 14:00 WIB
Kabupaten Banyuwangi menjadi pilot project Mall Pelayanan Publik (MPP) Digital Nasional.
Kabupaten Banyuwangi menjadi pilot project Mall Pelayanan Publik (MPP) Digital Nasional. /Pemkab Banyuwangi/

RINGTIMES BANYUWANGI - Kabupaten Banyuwangi menjadi pilot project Mall Pelayanan Publik (MPP) Digital Nasional.

Pemerintah pusat menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) yang diikuti 21 pemerintah kabupaten/kota yang akan menerapkan MPP Digital, di Banyuwangi, 11-12 Mei 2023. 

Bimtek ini dihadiri Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Diah Natalisa; Asisten Deputi Transformasi Digital Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Yanuar Ahmad; Direktur Integrasi Data Kependudukan Nasional Kemendagri, Akhmad Sudirman Tavipiyono; dan Tenaga Ahli Kementerian Kesehatan, Anggi Pandyo Wibowo.

Baca Juga: Juara Jagoan Tani Banyuwangi Raih Young Ambassador Agricultulture 2023 Kementerian Pertanian

"Kabupaten Banyuwangi merupakan salah satu daerah yang banyak menghasilkan inovasi-inovasi di bidang pelayanan publik," kata Diah pada Jumat, 12 Mei 2023.

"Banyuwangi juga jadi pionir transformasi pelayanan publik melalui Mall Pelayanan dan juga menjadi percontohan dalam digitalisasi pelayanan melalui MPP Digital, karena itu kami jadikan Banyuwangi pilot project MPP Digital Nasional," tambah Diah.

Diah mengatakan MPP Digital Nasional bakal menyediakan dua jenis layanan yang bisa diakses. Dua jenis layanan yang akan diintegrasikan yakni layanan administrasi kependudukan dan layanan kesehatan."Ke depan kami tambahkan sesuai dengan kebutuhan dan aturan masing-masing pemerintah daerah," jelas Diah.

MPP Digital ini didukung oleh Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan. Untuk pelayanan kependudukan, sistem MPP digital didukung oleh Identitas Kependudukan Digital (IKD) yang akan mempermudah masyarakat dalam mendapat layanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil.

Sementara untuk layanan kesehatan, MPP Digital dimudahkan dengan Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan atau SISDMK milik Kementerian Kesehatan.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x