Turunkan Stunting, Banyuwangi Bangun Puluhan Infrastruktur Air Bersih di Desa-Desa

- 13 Mei 2023, 15:00 WIB
Pemkab Banyuwangi membangun puluhan infrastruktur perpipaan guna memastikan ketersediaan air bersih hingga ke desa-desa.
Pemkab Banyuwangi membangun puluhan infrastruktur perpipaan guna memastikan ketersediaan air bersih hingga ke desa-desa. /Pemkab Banyuwangi/

RINGTIMES BANYUWANGI– Pemkab Banyuwangi terus menggencarkan langkah-langkah pencegahan dan penurunan angka stunting (gagal tumbuh), salah satunya dengan membangun puluhan infrastruktur perpipaan guna memastikan ketersediaan air bersih hingga ke desa-desa.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan, penyebab stunting bukan hanya satu faktor, melainkan multifaktor.

Mulai dari praktik pengasuhan yang kurang baik, kurangnya akses ke bahan pangan bergizi, terbatasnya layanan kesehatan, hingga kurangnya akses air bersih dan sanitasi.

Baca Juga: Pemkab Banyuwangi Tetapkan Pilkades Serentak 51 Desa Digelar 25 Oktober 2023, Berikut Tahapannya

Menurut riset Kementerian Kesehatan, air bersih dan sanitasi mempunyai kontribusi sebanyak 60% dalam upaya penurunan angka stunting pada anak.

Atas dasar ini, selain menggenjot dari sisi perbaikan gizi pada ibu hamil dan balita, Ipuk juga menggeber berbagai program untuk mempermudah akses air bersih bagi masyarakat.

“Setelah tahun lalu kita fokus membangun sumur bor di sejumlah wilayah rawan air, tahun ini kita lanjutkan dengan program pembangunan jaringan perpipaan untuk mendukung distribusi air bersihnya. Dengan harapan, masyarakat bisa semakin mudah mengakses air bersih sebagai upaya mendukung penurunan stunting,” ungkap Ipuk pada Sabtu, 13 Mei 2023.

Kepala Dinas PU Pengairan Guntur Priambodo menambahkan, program pembangunan jaringan perpipaan ini merupakan upaya pengembangan infrastruktur air bersih yang telah rutin dilakukan Banyuwangi.

“Pada dasarnya, ketersediaan infrastruktur air bersih di berbagai wilayah sudah tercukupi. Kalaupun tahun ini kita lakukan lagi, ini sebagai upaya pengembangan untuk menambah maupun pemeliharaan infrastruktur yang sudah eksisting,” ujar Guntur.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x