Warga Desa Tembokrejo Muncar Kerja Bakti Bersihkan Sampah Laut

- 15 Mei 2023, 16:59 WIB
Earha gotong royong membersihkan sampah menumpuk yang mengotori muara Sungai Kalimoro di Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar
Earha gotong royong membersihkan sampah menumpuk yang mengotori muara Sungai Kalimoro di Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar /Pemkab Banyuwangi/

RINGTIMES BANYUWANGI - Gelombang pasang akibat hujan deras dan angin kencang terjadi di kawasan Pantai Muncar, Kecamatan Muncar, Banyuwangi, selama sepekan terakhir.

Akibatnya, sampah menumpuk dan mengotori muara Sungai Kalimoro di Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar yang merupakan salah satu sungai yang muaranya di Laut Muncar.

Kepala Desa Tembokrejo, Alfen Efendi, mengatakan sampah yang menumpuk itu merupakan sampah kiriman yang terbawa arus akibat gelombang pasang.

Baca Juga: Dicurigai Soal Kisruh Reward, Ketua KONI Banyuwangi Sebut Tak Langgar Aturan Organisasi

Menurutnya, kejadian ini merupakan fenomena musiman yang hampir terjadi setiap kali terjadi angin dan hujan intensitas tinggi dalam waktu yang cukup lama di kawasan Pantai Muncar, termasuk di muara Sungai Kalimoro. 

"Apalagi saat ini sedang musimnya angin barat. Ini yang menyebabkan gelombang tinggi, yang membuat sampah dari laut terbawa naik ke muara Kalimoro," urai Alfen. 

Selain muara Kalimoro, imbuh Alfen, daerah yang biasanya juga terkena imbas sampah kiriman adalah kawasan pelabuhan Pantai Muncar di Desa Kedungrejo, dua titik tersebut sudah dipastikan bakal terimbas sampah saat gelombang pasang. 

Alfen mengaku kejadian kali ini merupakan yang paling parah dari sebelumnya. Untuk penanganan, pihaknya mengajak seluruh elemen di Desa Tembokrejo melakukan kerja bakti membersihkan muara Sungai Kalimoro pada Senin, 15 Mei 2023.

"Kita libatkan Linmas, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Forum Penanggulangan Resiko Bencana (FPRB), serta masyarakat untuk kerja bakti membersihkan sampah di muara Kalimoro," tegasnya. 

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x