Dukung Produktivitas Kelompok Dagang, Dinas Perikanan Banyuwangi Gelar Pelatihan Pembenihan Ikan Lele

- 25 Mei 2023, 17:32 WIB
Narasumber sedang menjelaskan materi pembenihan ikan lele kepada para peserta pelatihan.
Narasumber sedang menjelaskan materi pembenihan ikan lele kepada para peserta pelatihan. /Dinas Perikanan Banyuwangi/

RINGTIMES BANYUWANGI- Dinas Perikanan Kabupaten Banyuwangi menggelar pelatihan pembenihan ikan air tawar berupa lele yang dilaksanakan di Balai Benih Ikan (BBI) Genteng. 

Kegiatan tersebut adalah untuk mengakomodir permintaan masyarakat serta usulan saat digelarnya musyawarah perencanaan. 

"Ada dua kelompok, yaitu kelompok dagang (pokdagang) dari Desa Bomo, Kecamatan Blimbingsari dan pokdagang Desa Sambirejo, Kecamatan Bangorejo," terang Kepala Bidang Perikanan Budidaya Yuli Susantony pada Kamis, 25 Mei 2023.

Baca Juga: Ijen Geopark Resmi Jadi Unesco Global Geopark, Wisata Banyuwangi Siap Go Internasional

Di kegiatan pembinaan teknis tersebut, pihaknya menghadirkan dua narasumber yaitu salah satunya merupakan pelaku usaha asal Kecamatan Sempu yang dahulu juga pernah mendapatkan pembinaan dari Dinas Perikanan Banyuwangi serta pembinaan dan pendampingan dari BBI. 

Narasumber diseburnya memberikan ilmu mengenai hal-hal dasar pembenihan ikan lele, mulai dari persiapan lahan, cara pemberian pakan, pengawinan, pemijahan atau proses untuk pengeluaran sel telur oleh induk betina dan sperma oleh induk jantan, hingga proses pemasaran. 

"Satu kelompok berjumlah 10-25 orang sesuai Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan (Permen KP) Nomor 14 Tahun 2012," terangnya. 

Yang selanjutnya dibuat berita acara mengenai pembentukan kelompok termasuk kesepakatan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (ad art) kelompok tersebut yang dalam prosesnya akan mendapatkan pendampingan oleh penyuluh. 

Penyuluh bertugas mendampingi kelompok, mulai dari awal pemula yang dikukuhkan kepala desa, kemudian dapat meningkat ke madya yang dikukuhkan oleh kepala dinas perikanan, serta di tingkat utama, kelompok berkesempatan untuk diberikan pengukuhan langsung oleh Bupati Banyuwangi. 

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x