Sah! Geopark Ijen Ditetapkan UNESCO Global Geopark

- 25 Mei 2023, 18:59 WIB
General Manager Geopark Ijen, Abdillah Baraas
General Manager Geopark Ijen, Abdillah Baraas /istimewa/

RINGTIMES BANYUWANGI- Setelah penantian lama, Geopark Ijen secara resmi telah ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark (UGG) atau warisan dunia dalam sidang tahunan Unesco di Paris pada Rabu, 24 Mei 2023.

General Manager Geopark Ijen, Abdillah Baraas turut hadir menyaksikan sidang tahunan UNESCO melalui saluran virtual.

"Alhamdulillah, Geopark Ijen secara sah ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark melalui 216th Session of the Executive Board yang berlangsung di sekretariat UNESCO di Paris pada 10-24 Mei 2023". kata Abdillah, yang juga sebagai Wakil Ketua I Jaringan Geopark Indonesia.

Baca Juga: Dukung Pertumbuhan Ekonomi, Dinas Perikanan Banyuwangi Dorong Kesadaran Taat Pajak

Executive Board menerima dan mendukung pencalonan UGG yang diputuskan oleh UNESCO Global Geopark Councils pada pertemuan ketujuh yang diadakan di Satun, Thailand pada 4 & 5 September 2022 dan online dari 7-9 Desember 2022 lalu.

Hari ini, terdapat 18 Geopark baru yang ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark di dunia, dan 4 diantaranya adalah Geopark yang berada di Indonesia, yaitu Geopark Ijen, Geopark Maros Pangkep, Geopark Merangin Jambi dan Geopark Raja Ampat.

"Geopark Ijen sudah resmi dengan status UGG. Kini telah menjadi bagian jaringan geopark dunia. Kami harap, hal ini tidak hanya membawa manfaat secara lingkungan, namun secara sosial budaya dan ekonomi juga akan membawa dampak positif bagi Banyuwangi tentunya. Banyuwangi akan menjadi laboratorium alam baik geologi, biologi maupun budaya sebagai jujukan untuk dikunjungi oleh banyak orang baik domestik maupun mancanegara". pungkas Abdillah.

Baca Juga: Peringati Harkitnas, Bupati Ipuk Ajak Semangat Gotong Royong Membangun Banyuwangi

Geopark Ijen terletak di 2 wilayah Kabupaten di Provinsi Jawa Timur, yaitu Kabupaten Banyuwangi dan wilayah Kabupaten Bondowoso.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x