Pusat Pencegahan Polusi Plastik (Living Lab) Pertama di Indonesia Diluncurkan di Banyuwangi

- 28 Mei 2023, 20:40 WIB
Peluncuran pusat pencegahan polusi plastik (Living Lab) pertama di Banyuwangi
Peluncuran pusat pencegahan polusi plastik (Living Lab) pertama di Banyuwangi /istimewa/

RINGTIMES BANYUWANGI- Upaya penanganan dan pengelolaan sampah di Banyuwangi terus mendapat dukungan dari berbagai pihak.

Yang terbaru, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) berkolaborasi dengan the Partnership for Plastics in Indonesian Society (PISCES) meluncurkan pusat pencegahan polusi plastik (Living Lab) yang pertama di Banyuwangi, Jawa Timur.

Living Lab ini diinisiasi Menko Marves, Luhut B. Pandjaitan bersama para peneliti yang tergabung dalam program PISCES yang diawaki oleh Profesor Susan Jobling dari Brunel University London.

Baca Juga: Menuju Kabupaten Layak Anak, Banyuwangi Siapkan Regulasi hingga Program Terintegrasi

Peresmian fasilitas PISCES Banyuwangi Living Lab yang berlokasi di Desa Pancoran, Kec. Rogojampi ini dihadiri oleh Asisten Deputi Pengelolaan Sampah dan Limbah, Kemenko Marves, Rofi Alhanif, Tim PISCES, dan Plt Kepala Dinas Lingkungan Kabupaten Banyuwangi Dwi Handayani.  

Saat meresmikannya pada 24 Mei 2023 lalu, Asdep Rofi Alhanif menjelaskan Living Lab ini merupakan ruang yang terbuka bagi para peneliti, pemerintah, swasta, masyarakat dan para inovator untuk berkolaborasi dalam menggodok berbagai inisiatif dan inovasi terkait sampah plastik.

Bagaimana mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, pengelolaan plastik dalam siklus penuh plastik, serta bagaimana menyusun sistem pengelolaan limbah untuk merancang rantai solusi kemitraan antara pemerintah, bisnis, dan industri.

“Ini merupakan inovasi yang relatif baru di Indonesia, kita berharap ini sustain atau berkelanjutan. Kami mengundang akademisi, pelaku industri, komunitas, serta masyarakat hadir kemari untuk belajar bersama, dan menyusun konsep aksi nyata guna mencari solusi terkait sampah plastik khususnya,” ujar Rofi.

Program PISCES (www.piscespartnership.org) merupakan kemitraan kolaboratif dan inklusif yang mempertemukan peneliti akademis dengan bisnis, industri, pemerintah, LSM, dan masyarakat sipil untuk memahami serta mengelola risiko polusi plastik.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x