Transaksi E-Katalog Capai Rp. 127 M dengan Libatkan 700 UMKM Lokal, Banyuwangi Raih E-Purchasing Awards Jatim

- 31 Mei 2023, 19:15 WIB
Gubernur Khofifah menyerahkan penghargaan kepada Bupati Ipuk diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Banyuwangi Dwi Yanto
Gubernur Khofifah menyerahkan penghargaan kepada Bupati Ipuk diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Banyuwangi Dwi Yanto /istimewa/

RINGTIMES BANYUWANGI – Kabupaten Banyuwangi menyabet penghargaan E-Purchasing Awards 2023 dari Pemprov Jawa Timur.

Kabupaten Banyuwangi meraih peringkat kedua kabupaten/kota se-Jatim dengan transaksi terbanyak dalam pemanfaatan pengadaan barang/jasa melalui e-katalog lokal, dengan total transaksi sebesar Rp 127,96 miliar.

E-Purchasing Awards diberikan sebagai bentuk apresiasi atas komitmen pemerintah kabupaten/kota dalam menyelenggarakan pengadaan barang/jasa secara elektronik.

Penghargaan tersebut diserahkan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa kepada Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Banyuwangi, Dwi Yanto, yang mewakili Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani di Surabaya pada Senin, 29 Mei 2023.

Baca Juga: Super Air Jet Resmi Terbang Perdana, Aksesibilitas Menuju Banyuwangi Kian Bertambah

Bupati Ipuk menjelaskan pihaknya terus mendorong pelaksanaan pengadaan barang dan jasa melalui e-katalog lokal.

Selain diyakini bakal lebih mudah, cepat, transparan, serta akuntabel, pengadaan elektronik adalah bentuk komitmen sekaligus penguatan untuk memaksimalkan pengadaan barang dan jasa produk-produk UMKM serta mendorong serapan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

“Kami terus berkomitmen memanfaatkan e-katalog lokal untuk memberdayakan UMKM naik kelas dan berdaya saing. Harapannya ini bisa mengembangkan usaha kecil menjadi menengah, hingga besar,” kata Ipuk.

Pemkab terus meningkatkan peran UMKM dalam pengadaan barang dan jasa. Saat ini, total sudah ada 700 UMKM yang mendaftar di e-katalog, yang mayoritas adalah UMKM lokal. Mulai dari kuliner, suvenir, alat tulis kantor, aspal, jasa servis kendaraan, dan sebagainya.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x