Kembali Digelar, Festival Kitab Kuning Bakal Hadirkan Ratusan Kitab Langka Koleksi Kiai Saleh Banyuwangi

- 10 Juni 2023, 13:00 WIB
Salah satu kitab langka yang akan dipamerkan dalam festival kitab kuning.
Salah satu kitab langka yang akan dipamerkan dalam festival kitab kuning. /istimewa/

RINGTIMES BANYUWANGI- Rangkaian Banyuwangi Festival (B-Fest) kembali menggelar Festival Kitab Kuning.

Kali ini, bakal mengangkat khazanah kitab kuning Kiai Saleh Lateng yang tak ubahnya harta karun bagi Islam Nusantara yang di dalamnya terdapat ratusan kitab langka yang sulit ditemukan dewasa ini.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyebutkan bahwa upaya mengangkat kembali harta karun peninggalan Kiai Saleh tersebut sebagai upaya merestorasi keilmuan para ulama yang terkandung di dalamnya.

“Ilmu yang terpendam di dalam kitab tersebut, harus kembali dihadirkan,” ungkapnya pada Jumat, 9 Juni 2023.

Baca Juga: Jelang Idul Adha, Stok Sapi Banyuwangi Surplus

Para ulama terdahulu, menurut Ipuk, telah berhasil mencetak generasi yang memiliki keimanan yang kuat, sekaligus kecintaan pada negeri yang kokoh. Sehingga mereka mampu mengusir penjajah di masanya.

“Spirit keimanan dan nasionalisme dari para pejuang dahulu itu, saya kira tidak terlepas dari sentuhan ilmu para ulama. Sehingga mereka tidak segan berjuang dengan ikhlas. Hal ini perlu kita gali lebih jauh,” jelasnya.

Lebih jauh, Ipuk berharap, acara ini tidak sekadar menjadi oase keteladanan bagi generasi sekarang. Namun, juga bisa menghadirkan para peneliti dan penggiat kajian keislaman dari dunia ke Banyuwangi.

“Banyuwangi ini memiliki karakter keberagamaan yang unik. Ini menarik untuk diteliti lebih jauh. Apalagi dengan terbukanya sejumlah koleksi kitab-kitab yang dulu tertutup, kini bisa diakses,” harapnya.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x