Digelar Pekan Depan, Banyuwangi Job Fair 2023 Tawarkan 1.800 Lowongan Pekerjaan

- 5 Agustus 2023, 23:00 WIB
Job fair
Job fair /Dian Effendi/

RINGTIMES BANYUWANGI – Kabupaten Banyuwangi kembali menggelar bursa kerja untuk menyerap tenag kerja produktif. Banyuwangi Job Fair yang akan diselenggarakan pada 10-12 Agustus 2023 bakal diikuti lebih dari 67 perusahaan dengan 1.800 lebih lowongan pekerjaan yang ditawarkan.

“Dalam bursa kerja (job fair) kami mempertemukan langsung antara pihak perusahaan dengan pencari kerja. Saya berharap putra putri Banyuwangi antusias mengikuti job fair ini,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Sabtu (5/8/2023).

Job Fair 2023 akan digelar selama tiga hari, 10-12 Agustus, di GOR Tawang Alun Banyuwangi mulai pukul 08.00-15.00. Disediakan ribuan lowongan pekerjaan untuk berbagai lulusan. Tak hanya diikuti perusahaan asal Banyuwangi, namun juga berbagai daerah lainnya. Perusahaannya juga beragam, mulai dari perbankan, rumah sakit, perhotelan, manufaktur, retail, dan leasing.

“Job fair ini kami harapkan menjadi wadah untuk memudahkan pencari kerja dalam mendapatkan pekerjaan. Perusahaan akan dipertemukan dengan calon tenaga kerja yang dibutuhkan. Dan sebaliknya, masyarakat bisa memilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi mereka,” jelas Ipuk.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Perindustrian Kabupaten Banyuwangi, Abdul Kadir, menambahkan hingga saat ini sudah ada 1.800 lowongan pekerjaan dari 67 perusahaan yang berpartisipasi.

“Namun ini belum final. Kami masih terus membuka pendaftaran bagi perusahaan yang ingin bergabung, sehingga besar kemungkinan akan terus bertambah,” kata Kadir.

Dicontohkan Kadir, PT. Industri Kereta Api (INKA) Persero membuka lowongan untuk tenaga administrasi, teknisi, dan operator las; perusahaan galangan kapal PT. Lundin industry Invest membutuhkan tenaga listrik; PT Banyuwangi Cannery Indonesia membuka 300 lowongan untuk tenaga administrasi, oprator produksi, quality control, hingga driver.

Selain itu juga ada Lembaga Pendidikan Keterampilan (LPK) yang siap menjembatani warga untuk bekerja ke luar negeri. "Tenaga kerja yang nanti direkrut, akan dibekali dengan keahlian terlebih dahulu, lalu akan di-link-kan dengan perusahaan Jepang," ujarnya.

Ditambahkan Kadir, baik perusahaan maupun pencari kerja yang mengikuti Job Fair tahun ini diwadahi dalam website Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker). Informasi terkait lowongan pekerjaan hingga penyerahan lamaran pekerjaan bisa dilakukan lewat link: jobfair.kemnaker.go.id.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x