Kembali Salurkan Bantuan Wenak, Bupati Ipuk: Stimulus Ekonomi Kerakyatan

- 28 September 2023, 06:00 WIB
Banyuwangi Kembali Salurkan Bantuan Wenak
Banyuwangi Kembali Salurkan Bantuan Wenak /Dian Effendi/Ringtimes

RINGTIMES BANYUWANGI - Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani kembali menyalurkan bantuan bagi warung-warung rakyat. Pekan ini, sebanyak 304 warung menerima bantuan dalam program yang bertajuk Warung Naik Kelas (WeNak). Hingga saat ini, total 1.174 warung mendapatkan manfaat dari program stimulus ekonomi kerakyatan ini.

“Semoga bantuan ini bisa menstimulus usaha bapak dan ibu untuk bisa berkembang lagi. Dengan bantuan alat usaha yang diberikan, semoga kondisi warung bisa menjadi lebih baik, bersih, sehingga pelanggannya makin banyak, pendapatannya juga bertambah,” kata Ipuk saat penyaluran bantuan Wenak tahap 2 tahun 2023 kepada 304 penerima di Kantor Kecamatan Gambiran, Senin (25/9/2023).

Bantuan WeNak ini diberikan kepada para pelaku usaha ultra mikro. Dengan bantuan sebesar sejuta rupiah, diharapkan bisa dipergunakan untuk meng-upgrade peralatan usahanya ataupun menambah modal dagangannya.

“Manfaatkan juga untuk menambah jenis atau macam dagangannya. Sehingga pelangannya lebih banyak pilihan. Yang jualan rujak, bisa juga ditambah jualan soto. Jadi bisa jual rujak soto. Atau mungkin nambah minumannya, jadi lebih beragam. Pelanggan pastinya lebih senang,” kata Ipuk.

Ipuk menyebut, tahun ini bantuan WeNak telah terealisasi sebanyak 578 penerima yang disalurkan dalam dua tahap. Yakni tahap pertama (Mei) kepada 274 orang, dilanjutkan tahap 2 (September) kepada 304 orang.

Sebelumnya (2021-2022), lanjut Ipuk, bantuan Wenak juga telah diberikan kepada 565 pedagang kecil. Sehingga total penerima bantuan Wenak hingga saat ini mencapai 1.174 orang.

Bantuan ini disambut dengan gembira oleh para penerima. Salah satunya adalah Alfandi (63). Laki-laki paruh baya itu mengaku akan mempergunakan bantuan tersebut untuk menambah modal usaha.

“Untuk tambahan modal jualan. Buat beli beras, sehingga jualannya lebih banyak,” ungkap pembuat lontong asal Kecamatan Purwoharjo tersebut.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Bambang (45 tahun). Pemilik warung kelontong itu akan memanfaatkan bantuan tersebut untuk menambah barang dagangan. “Buat ngisi warung. Juga beli kompor buat jualan kopi. Jadinya warung saya juga bisa buat warung ngopi,” kata Bambang sambil tersenyum.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x