Rangkuman IPA Biologi SMP Sederajat, Materi Uji Karbohidrat

- 21 November 2020, 19:00 WIB
Ilustrasi belajar di rumah bersama orang tua. /Freepik / @reacool_studio

RINGTIMES BANYUWANGI – Untuk melakukan kegiatan atau aktivitas pasti memerlukan energi. Untuk mendapat energi, manusia perlu makanan.

Pilihan utamanya adalah makanan dengan kandungan karbohidrat di dalamnya. Karbohidrat merupakan sumber utama energi bagi tubuh.

Karbohidrat terdiri dari senyawa monosakarida, disakarida, dan polisakarida. Dalam satu gram karbohidrat menghasilkan 4 sampai 4,1 kilokalori (kkal).

Monosakarida pada karbohidrat contohnya antara lain glukosa, galaktosa, dan fruktosa. Disakarida contohnya adalah laktosa, sukrosa, dan maltosa. Polisakarida contohnya yaitu amilum atau pati, serat atau selulosa, dan glikogen pada hewan.

Baca Juga: Tempat Wisata Banyuwangi yang Tidak Ada Duanya di Indonesia, Wajib Dikunjungi Setelah Pandemi

Glukosa dapat ditemukan pada makanan seperti madu dan buah-buahan terutama yang manis seperti melon, belimbing, pisang, dan lain-lain.

Dan, serat seperti selulosa dapat ditemukan di dinding sel-sel tumbuhan, contohnya makanan jenis sayur dan daun-daunan seperti kangkung, bayam, daun kemangi, dan lain-lain.

Sedangkan amilum atau pati ditemukan pada makanan jenis umbi-umbian dan biji-bijian. Contoh umbi-umbian yaitu kentang, ubi jalar, ketela pohon, dan contoh biji-bijian yaitu beras, jagung, gandum.

Baca Juga: Kandungan yang Harus Dimilki Poduk Kecantikan Sebagai Anti Polusi, Antioksidan Salah Satunya

Uji Pati atau Amilum

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh

Sumber: Kemdikbud


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X