Biografi KH. Ahmad Dahlan, Tokoh Pembaharu Islam

- 1 Agustus 2020, 16:00 WIB
Ilustrasi KH. Ahmad Dahlan.*/ /pwmu.co

 

RINGTIMES BANYUWANGI - Ahmad Dahlan adalah Pahlawan Nasional yang lahir di Yogyakarta pada tanggal 1 Agustus 1868, nama kecil KH. Ahmad Dahlan adalah Muhammad Darwis, ia merupakan anak ke empat dari tujuh bersaudara.

Ahmad Dahlan juga dikenal sebagai pendiri Muhammadiyah dan merupakan keturunan ke dua belas dari Maulana Malik Ibrahim, salah seorang yang terkemuka diantara Walisongo(Kutojo & Safwan, 2010).

Dikutip ringtimesbanyuwangi.com dari berbagai sumber, silsilah KH. Ahmad Dahlan ialah Maulana Malik Ibrahim, Maulana Ishaq, Maulana 'Ainul Yaqin, Maulana Muhammad Fadlullah, (Sunan Prapen), Maulana Sulaiman Ki Ageng Gribig, Demang Djurung Djuru Sapisan, Demang Djurung Djuru Kapindo, Kyai Ilyas, Kyai Murtadla, KH. Muhammad Sulaiman, KH Abu Bakar dan Muhammad Darwis (Ahmad Dahlan).

Baca Juga: Temukan Bangkai yang Berbau Tengik, Masyarakat Terkejut dan Beranggapan itu Alien

Pada usia 15 tahun, Ahmad Dahlan pergi Mekah dan menetap disana selama lima tahun.

Di usianya yang masih muda ini, KH. Ahmad Dahlan berguru dengan pemikir besar Islam seperti Ibnu Taimiyah, Al Afghani, Rasyid Ridha, dan Muhammad Abduh.

Ketika pulang kembali ke kampung halamannya pada tahun 1888, ia berganti nama menjadi Ahmad Dahlan.

Baca Juga: Ashanty Geram dengan Tindakan Anak Angkatnya di Pesantren, Putra: Nggak, nggak mau pulang

Pada tahun 1903 ia bertolak kembali ke Mekah dan berguru kepada Syekh Ahmad Khatib bersama pendiri Nahdlatul Ulama, KH. Hasyim Asy'ari.

Halaman:

Editor: Sophia Tri Rahayu


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X