Peristiwa 2 Agustus: Meninggalnya Gubernur Jendral Hinda-Belanda, Pieter Merkus di Surabaya

- 2 Agustus 2020, 12:45 WIB
Pemimpin NAZI Jerman Adolf Hitler.* //independent.co.uk

RINGTIMES BANYUWANGI - Pada 2 Agustus terdapat banyak peristiwa bersejarah. Salah satu diantaranya, meninggalnya Gubernur-Jendral Hindia Belanda, Pieter Merkus di Surabaya, pada tahun 1844.

Untuk mengingat kembali sejumlah peristiwa sejarah dunia di 2 Agustus, seperti dikutip dari rri.co.id berikut rangkumannya.

1922 - Angin topan menyapu kawasan Shantou, Tiongkok dan menewaskan lebih dari 50.000 orang. Dengan jumlah korban tersebut, angin topan di Tiongkok itu menjadi salah satu angin topan paling mematikan yang pernah terjadi.

Baca Juga: Gaji 13 Semakin Mewangi, Andin Hadiyanto: Kita Usahakan Sebelum Pertengahan Agustus

1934 - Adolf Hitler menjadi kepala negara Jerman dengan gelar Führer.

1943 - Kapal motor milik Amerika Serikat, PT-109, yang ditumpangi pasukan AS pimpinan Letnan John F. Kennedy—orang yang lantas dikenal sebagai presiden ke-35 AS—tenggelam setelah diserang kapal perusak milik Jepang, Amagiri, saat berpatroli di Kepulauan Solomon. 

1943 - Sebanyak 700 orang Yahudi yang ditahan di penampungan di Treblinka, Polandia melancarkan pemberontakan. Pemberontakan menewaskan sekitar 350 orang Yahudi.

Baca Juga: Sebelum Menjadi Istri Pangeran Harry, Begini Karir Keartisan Meghan Markle Sejak Umur 11 Tahun

1945 - Negara-negara pentolan Sekutu membicarakan masa depan Jerman setelah Perang Dunia II berakhir dalam Konferensi Potsdam. Konferensi itu diikuti oleh Inggris, Uni Soviet, dan Amerika Serikat (AS) 

1968 - Gempa bumi berkekuatan 7,6 skala richter mengguncang Casiguran, Quezon, Filipina. Bencana alam tersebut menewaskan 270 orang dan melukai 261 lainnya.

Halaman:

Editor: Galih Ferdiansyah

Sumber: RRI.co.id


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X