Meniru Sosok Rempeg Jogopati, Pemimpin Pembebasan Rakyat Blambangan

- 6 Agustus 2020, 08:30 WIB
/

RINGTIMES BANYUWANGI - Pangeran Jagapati atau Mas Rempeg, merupakan pemimpin perang Bayu, atau dikenal juga dengan pemberontakan Jagapati saat VOC menduduki Blambangan

Mas Rempeg adalah putra dari Mas Bagus Dalem Wiraguna atau Mas Bagus Puri dan istri selirnya yang berasal dari Pakis.

Silsilahnya merujuk langsung ke Raja Blambangan yang termasyhur yakni Prabu Susuhunan Tawangalun yang merupakan kakek dari Mas Bagus Puri (Babad Tawangalun).

Baca Juga: Fakta Menarik di Balik Kuasa Negara Amerika Serikat

Dikutip ringtimesbanyuwangi.com dari berbagai sumber, saat Pemberontakan yang dilakukan oleh Wong Agung Wilis melawan VOC pecah pada tahun 1768, Mas Rempeg berperan sebagai mantri muka (bawahan langsung) Wong Agung Wilis.

Mas Rempeg terlibat langsung di beberapa pertempuran baik di Banyualit, Ulupangpang dan di Kutha Lateng.

Saat Pasukan Wong Agung Wilis kalah di tiga pertempuran tersebut dan Wong Agung Wilis akhirnya ditangkap dan diasingkan, Mas Rempeg terus melanjutkan perjuangannya hingga pecahnya Perang Bayu.

Baca Juga: Penyebab Ratusan Unta di Kenya Mati Disimpulkan Karena Corona

Salah satu penyebab pecahnya perang Bayu adalah kebijakan VOC yang semakin menyengsarakan masyarakat pribumi, mereka lalu mengungsi ke Bayu untuk mencari tempat berlindung.

 Mas Rempeg bersama lurah Kutha Lateng, lalu mengatur strategi untuk menggempur pasukan VOC dengan kekuatan pusat di Bayu.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X