Tahukah kalian Kenapa Berbisnis Sering Merasa Gagal?, Inilah Alasannya

- 2 Juli 2020, 20:35 WIB
ILUSTRASI Pengusaha atau pemilik bisnis. /DOK. KREDIVO

RINGTIMES BANYUWANGI- Menurut statistik di tahun 2016, sekitar 78 persen start up dan bisnis berskala kecil bertahan di tahun pertama dan sekitar setengah dari jumlah bisnis ini bertahan setidaknya selama 5 tahun. Hanya sepertiganya yang bertahan hingga 10 tahun atau lebih.

Kegagalan berbisnis adalah suatu hal yang paling dihindari oleh para pengusaha. Sebuah artikel dari kompas.com mengungkapkan fakta bahwa hanya 1 dari 4 bisnis yang dirintis dapat bertahun selama 15 tahun lebih.

Ada banyak faktor yang membuat sebuah bisnis bangkrut atau gagal. Namun dari banyaknya faktor-faktor penyebab kegagalan tersebut, faktor internal lah yang paling banyak memberi kontribusi kegagalan suatu bisnis. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui apa saja faktor penyebab kegagalan agar anda dapat mengantisipasinya.

Baca Juga: Saat Pandemi Ingin Wajah Tetap Terawat?, Lakukanlah 5 Gerakan Senam Wajah Berikut ini

Berikut faktor utama penyebab kegagalan berbisnis;

1. Tidak ada perencanaan

Menjalankan bisnis hanya bermodal semangat, salah-salah akan berujung pada kebangkrutan. Untuk menghindari kebangkrutan, selalu dampingi semangat menggebu tersebut dengan perencanaan matang. Tentukan dulu visi, misi, dan tujuan bisnis yang akan Anda geluti. 

2.Tidak melakukan riset pasar

Mencari tahu kondisi pasar atau melakukan riset pasar adalah salah satu persiapan yang wajib dilakukan oleh pengusaha. Dengan melakukan riset pasar kita akan tahu tentang bagaimana keberterimaan produk di pasaran atau bagaimana respon masyarakat tentang produk anda.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X