Tak Hanya di Indonesia, Brazil juga Manfaatkan Daun Sirih Cina Sebagai Obat Herbal

- 15 September 2020, 20:45 WIB
Manfaat daun sirih cina /

RINGTIMES BANYUWANGI – Daun sirih cina saat ini menjadi bahan perbincangan yang menarik dan cukup populer bagi sebagian masyarakat di Indonesia. Pasalnya, tanaman ini dinilai efektif untuk menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit.Masyarakat Indonesia mengenal tanaman ini sebagai bahan obat herbal untuk sembuhkan berbagai macam penyakit.

Di Indonesia, tumbuhan ini bisa dengan mudah ditemukan. Sirih cina merupakan tanaman sukulen yang mudah hidup di tempat-tempat yang dingin. Sehingga, di Indonesia tumbuhan ini banyak ditemukan di parit atau pematang sawah.  

Sirih cina  atau Peperomia pellucida telah digunakan sebagai bahan makanan serta ramuan dan obat herbal oleh nenek moyang kita sejak dahulu kala. Meskipun tidak banyak yang tahu bahwa tanaman ini mampu menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit, sehingga sebagian besar masyarakat membiarkan tanaman ini begitu saja. 

Baca Juga: Mengungkap Sejarah dan Fakta G30S-PKI, Soeharto Bukanlah Target PKI

Seluruh bagian dari sirih cina dapat dikonsumsi oleh manusia, baik dimasak maupun mentah. Akantetapi, mayoritas masyarakat mengeal dengan manfaat pengobatannya dan bisa menjadi refrigeran atau zat pendingin yang baik untuk tubuh manusia.

Efek farmakologinya adalah sebagai analgesik yaitu zat yang mampu mengurangi rasa sakit dan antiradang antiinflammatory terkait dengan efek pada sintesis prostaglandin pada tubuh manusia.

Sirih cina memiliki efek antibiotik spektrum yang luas, ditunjukkan pada pengaruhnya dalam menekan Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, Pseudomonas aeruginosa dan Escherichia coli.

Ekstrak daun keringnya dalam kloroform diketahui menghambat fungi Trichophyton mentagrophytes (gangguan jamur pada kulit).

Baca Juga: Insentif Kartu Prakerja Rp600 Ribu Gagal Cair, Ternyata Ini Penyebabnya

Dalam pengobatan tradisional di Indonesia, masyarakat menggunakannya untuk pengobatan sakit perut, abses, bisul, kelelahan, sakit kepala, bengkak, kolik, pegal-pegal, sakit kepala, gangguan ginjal dan nyeri sendi karena rematik.

Halaman:

Editor: Ikfi Rifqi Arumning Tyas


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X