10.597 Orang di Jabar Lakukan Rapid Test, 409 Dinyatakan Positif

- 1 April 2020, 20:47 WIB
ILUSTRASI rapid test virus corona Covid-19.*
ILUSTRASI rapid test virus corona Covid-19.* /ADE BAYU INDRA/PR/

RINGTIMES - Data terbaru hasil rapid test atau tes cepat virus corona di Provinsi Jawa Barat hingga Selasa (31/3) pukul 16.00 WIB menemukan sebanyak 409 pasien positif terinfeksi virus corona.

Rapid test telah dilakukan kepada 10.597 orang dengan 9.995 orang negatif, dan sebanyak 409 positif.

Kepala Dinas Kesehatan Jabar Berli Hamdani mengungkapkan 409 orang yang diketahui positif corona itu akan dilakukan tes lanjutan dalam bentuk test swab dan Virus Transfer Media (VTM).

"Test swabnya dilakukan di kabupaten/kota. Bisa di rumah sakit atau di labkes kabupaten/kota, setelah dilakukan tes swab, hasil tesnya dikirim ke Labkesda Provinsi. Nanti, dari 409 positif corona ini, baru bisa dilihat hasil akhirnya setelah dilakukan PCR oleh Labkesda Provinsi Jabar," ucap dia pada tim Humas Jabar, Rabu 1 April 2020.

Namun, karena ketersediaan perangkat tes swab dan VTM yang masih terbatas, maka proses tes lanjutan masih akan menunggu tersedianya perangkat tes swab.

Baca Juga: Tagar #garudamelawancorona Bagikan Empat Strategi Lawan COVID-19

"Tes swab hanya diberikan kepada pasien positif berdasarkan hasil tes rapid, atau PDP," tuturnya.

Dengan begitu, menurut Berli, Labkesda Provinsi Jabar masih menunggu kiriman sampel spesimen hasil rapid test dari kabupaten dan kota untuk diperiksa kembali.

Bagi 409 warga yang dinyatakan positif, lanjut dia, akan dilakukan pelacakan riwayat kontak oleh tim screening dari bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Saat ini, salah satu garda depan dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona adalah Labkesda Provinsi Jawa Barat, yang bertugas memeriksa spesimen akhir untuk menentukan positif tidaknya seorang PDP, yang sampelnya dikirim dari RS dan labkes kabupaten dan kota ada di Jawa Barat

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x