Donasi Pada Lembaga Sosial Turun Akibat Pandemi Covid-19?Cek Faktanya

- 17 Mei 2020, 06:10 WIB
ILUSTRASI vaksin virus corona.* /

 

RINGTIMES BANYUWANGI  - Dari hasil survei lembaga studi Institute For Demographic and Poverty Studies (IDEAS) mengungkapkan bahwa penghimpunan donasi di lembaga sosial filantropi menurun akibat pandemi COVID-19.

"Dari survei ini kami menemukan fakta bahwa pandemi COVID-19 berdampak pada menurunnya penghimpunan lembaga secara drastis pada kisaran 20 hingga 50 persen," kata peneliti IDEAS Ahsin Aligori dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu.

Survei dilakukan terhadap 100 responden ini menggunakan teknik purposive dengan menyebarkan form survei secara daring di mana 49 persen responden merupakan pegiat sosial yang bekerja pada lembaga amil zakat. Kemudian 15,3 persen bekerja di lembaga yayasan sosial dan 35,7 persen bekerja pada bisnis sosial.

Baca Juga: Gara-gara PSBB Pria Ini Bertelur? Cek Faktanya

Sumber Berjudul: Survei tunjukkan donasi pada lembaga sosial turun akibat COVID-19

Ia mengatakan biasanya Ramadan merupakan puncak penghimpunan donasi namun tahun ini yang terjadi sebaliknya atau penurunan pengumpulan sumbangan.

IDEAS mengemukakan beberapa faktor di balik penurunan itu, di antaranya gejala resesi ekonomi. "Beberapa lembaga menyatakan bahwa jumlah donasi dari donatur rata-rata menurun 20 persen," kata dia.

Sebelum ini rata-rata donasi sekitar Rp100 ribu namun saat ini hanya Rp70 ribu hingga Rp80 ribu. Profile donatur di masing-masing lembaga 70 persen didominasi oleh penyumbang kelas menengah dari pekerja, karyawan perusahaan dan pebisnis.

Halaman:

Editor: Sophia Tri Rahayu

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X