Heboh Kilatan Hijau di Merapi, LAPAN: Mungkin Hujan Meteor

- 30 Mei 2021, 16:18 WIB
Penjelasan LAPAN soal kemunculan cahaya hijau misterius dekat Gunung Merapi, diduga berkaitan dengan aktivitas hujan meteor.
Penjelasan LAPAN soal kemunculan cahaya hijau misterius dekat Gunung Merapi, diduga berkaitan dengan aktivitas hujan meteor. /Instagram.com/@gunarto_song

RINGTIMES BANYUWANGI – Beredar kilatan cahaya berwarna hijau yang menghebohkan masyarakat di sekitar Merapi.

Foto kilatan tersebut diketahui berasal dari unggahan akun Instagram @Gunarto_Song yang menunjukkan potret kilatan hijau di dekat gunung Merapi.

Bukan hanya netizen tersebut, Pantauan CCTV Merapi dan Pos Kalitengah Kidul juga mengkonfirmasi adanya kilatan tersebut.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menjelaskan kemungkinan kilatan berwarna hijau itu berasal dari aktivitas hujan meteor.

Baca Juga: Peringatan BMKG dan Lapan Hujan Ekstrim Hingga Esok, Wagub DKI Jakarta Minta Bersiap Potensi Banjir

Kemunculan cahaya hijau tersebut sesuai dengan periode hujan meteor yang terjadi di Indonesia pada Kamis 27 Mei 2021.

“Diduga kilatan cahaya yang kehijauan yang muncul di dekat gunung merapi mungkin terkait dengan aktivitas hujan meteor,” kata peneliti LAPAN Andi Pangerang sebagaimana dikutip dari Antara.

Data International Meteor Organization (IMO) dalam Bulan Mei 2021 menyebut ada dua hujan meteor yang aktif ketika kilatan tersebut sempat diopter pada 27 Mei 2021, yakni hujan meteor Eta Aquarid yang aktif dari 19 April-28 Mei 2021 dan hujan meteor Arietid sejak 14 Mei-24 Juni 2021.

Meteor tersebut melewati permukaan bumi dengan jumlah yang banyak sehingga manusia bisa melihatnya seperti hujan yang turun.

Halaman:

Editor: Ikfi Rifqi Arumning Tyas

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x