Gianluigi Donnarumma, Kiper Timnas Italia Menjadi Pemain Terbaik Euro 2020

- 12 Juli 2021, 14:15 WIB
Gianluigi Donnarumma/Seorang kiper dari tim nasional Italia, Gianluigi Donnarumma dinobatkan sebagai pemain terbaik Euro 2020.
Gianluigi Donnarumma/Seorang kiper dari tim nasional Italia, Gianluigi Donnarumma dinobatkan sebagai pemain terbaik Euro 2020. /reuters

RINGTIMES BANYUWANGI – Gianluigi Donnarumma yang merupakan kiper tim nasional Italia dinobatkan sebagai pemain terbaik Euro 2020.

Dinobatkannya Gianluigi Donnarumma tersebut lantaran kontribusinya yang sangat penting saat menjadi pahlawan dalam adu pinalti di final Euro 2020 di Wembley, London.

Dilansir dari ANTARA melalui laman resmi UEFA pada Senin 12 Juli 2021, alasan pihaknya memilih Gianluigi Donnarumma karena ia menjadi kiper pertama yang pernah memenangi penghargaan individual tersebut sejak mulai dianugerahkan pada Euro 1996.

Baca Juga: Gelandang Serang Timnas Spanyol Raih Penghargaan Pemain Muda Terbaik Euro 2020

Dalam Euro 2020,  Gianluigi Donnarumma tampil dalam tujuh kali pertandingan Italia dan jauh lebih banyak dari semua peserta dengan total bermain 719 menit.

Pada menit akhir pertandingan penyisihan Grup A melawan Wales, Gianluigi Donnarumma berada pada satu-satunya momen ia tak berada di bawah mistar gawang Italia.

Saat itu juga terjadi ketika Roberto Mancini memberi kesempatan Salvatore Sirigu tampil.

Solidnya pertahanan Italia memang turut membantu Donarrumma tak punya begitu banyak pekerjaan di Euro 2020, tetapi ketika dihadapkan pada 13 percobaan tembakan tepat sasaran dari lawan, kiper berusia 22 tahun itu mampu mengamankan sembilan diantaranya.

Baca Juga: Kekalahan Inggris dalam Final Euro 2020 Meninggalkan Luka Mendalam

Peran penting Donnarumma begitu terlihat ketika Italia harus menjalani adu penalti dua kali di Euro 2020, yang terjadi di dua laga pemungkas.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x