Beredar SMS Peringatan Dini Gempa Magnitudo 8,5 dan Tsunami, BMKG: Masyarakat Diimbau Tenang

- 27 Mei 2021, 11:33 WIB
BMKG tengah menginvestigasi pesan singkat yang dikirim ke sejumlah masyarakat terkait peringatan gempa bumi magnitudo 8,5 dan tsunami.
BMKG tengah menginvestigasi pesan singkat yang dikirim ke sejumlah masyarakat terkait peringatan gempa bumi magnitudo 8,5 dan tsunami. /Tangkap layar pesan BMKG

RINGTIMES BANYUWANGI - Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami, Daryono mengimbau masyarakat untuk tetap tenang terhadap beredarnya pesan singkat (SMS) terkait peringatan dini gempa dan tsunami pada Kamis, 27 Mei 2021.

"Masyarakat dihimbau agar tetap tenang, karena saat ini hasil monitoring BMKG tidak sedang terjadi gempa M8,5 di wilayah Indonesia," tulis Daryono dalam akun Twitter @DaryonoBMKG seperti dikutip Ringtimesbanyuwangi.com pada 27 Mei 2021.

Sebelumnya, Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjadi trending topic di Twitter usai mengirim pesan singkat peringatan dini gempa magnitudo 8,5 dan tsunami pada 27 Mei 2021 kepada sejumlah masyarakat.

Dalam pesan SMS tersebut menyebut peringatan dini tsunami di sejumlah daerah di Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur, Jawa Tengah.

Baca Juga: Imbas Gerhana Bulan Total Malam ini, BMKG Ingatkan Banjir Rob

Detail informasi dalam SMS yang dikirim pada Kamis pagi, 27 Mei 2021 tersebut tercatat terjadi pada 4 Juni 2021 pukul 10:14:45 WIB, lokasi: 10.50 LS, 114.80 BT di kedalaman 10 Km.

Menanggapi hal itu, Daryono melalui akun Twitternya @DaryonoBMKG menyampaikan bahwa pihak BMKG sedang menginvestigasi permasalahan.

"Secara ofisial BMKG tidak mengeluarkan Peringatan DIni Tsunami. Permasalahan sedang diinvestigasi," lanjut keterangan yang ia unggah di Twitter.

Berdasarkan cuitan warganet di Twitter, tak sedikit yang merasa panik dengan diterimanya pesan peringatan tersebut.

Halaman:

Editor: Ikfi Rifqi Arumning Tyas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x