Imbas Gerhana Bulan Total Malam ini, BMKG Ingatkan Banjir Rob

- 26 Mei 2021, 19:41 WIB
BMKG mengimbau kepada masyarakat mengenai gerhana bulan total yang mengakibatkan terjadinya banjir rob akibat kenaikan air laut
BMKG mengimbau kepada masyarakat mengenai gerhana bulan total yang mengakibatkan terjadinya banjir rob akibat kenaikan air laut /Pixabay/Grey48

RINGTIMESBANYUWANGI – Gerhana bulan total diprediksi terjadi malam ini yang dimulai pukul 17.44 WITA dan berakhir pukul 21.51 WITA.

Imbas gerhana bulan total ini adalah terjadinya kenaikan air laut yang bisa mengakibatkan Banjir Rob.

Banjir Rob adalah banjir yang terjadi di tepi pantai karena naiknya permukaan air laut di wilayah pesisir pantai yang bisa terjadi akibat gerhana bulan.

Hal tersebut disampaikan oleh Koordinator Data dan Informasi, Stasiun Geofisika, BMKG Sulawesi Utara, Edward Mengko, seperti yang dilansir Ringtimesbanyuwangi.com dari laman Antara pada 26 Mei 2021.

Baca Juga: Jadwal Gerhana Bulan, 26 Mei 2021 di Beberapa Wilayah Indonesia, Simak Jamnya

“Karena memang gerhana bulan berada pada posisi dekat dengan bumi, pengaruh gravitasi bulan bisa menyebabkan kenaikan air laut, warga diharapkan waspada apabila gerhana bulan total ini terjadi bersamaan waktu air pasang,” kata Edward Mengko.

Maka dari itu, Edward Mengko mengingatkan kepada warga khususnya mereka yang tinggal di daerah pesisir dan juga nelayan agar lebih berhati-hati.

Gerhana bulan total akan terjadi jika posisi matahari, bumi, dan bulan sejajar, sehingga bulan akan terlihat kemerahan.

Sebagai badan yang memiliki tugas untuk memberikan informasi terkait fenomena alam dan dampaknya, BMKG selalu memberikan himbauan kepada masyarakat.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x