Puncak Covid-19 Diprediksi Naik pada Juni 2021, Wamenkes: Peningkatan Usai Lebaran 32 Persen

- 27 Mei 2021, 14:03 WIB
Satgas Covid-19 sampaikan bahwa pasca Lebaran dan Liburan kasus positif covid-19 mulai meningkat
Satgas Covid-19 sampaikan bahwa pasca Lebaran dan Liburan kasus positif covid-19 mulai meningkat /Humas Pemprov Jateng/

RINGTIMES BANYUWANGI - Kasus Covid-19 di Indonesia diprediksi akan naik atau berkisar di puncaknya pada pertengahan bulan Juni 2021.

Hal tersebut sejalan dengan berakhirnya mobilitas masyarakat usai mudik libur lebaran beberapa hari lalu.

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono pun mengungkapkan bahwa kasus konfirmasi positif Covid-19 mulai meningkat sepekan usai lebaran.

Dirinya menambahkan peningkatan kasus dalam jumlah kecil, namun bertahap, yakni berkisar 32,01 persen pada sepekan terakhir.

Baca Juga: Bill Gates Tak Mau Bagi Resep Vaksin Covid-19 ke India, Saat Tsunami Covid-19 Melanda

"Secara nasional, tren kasus terkonfimasi positif Covid-19 mulai meningkat sepekan usai lebaran, walau sejak libur Natal dan Tahun Baru 2021 sudah mulai melandai, namun ada peningkatan sedikit demi sedikit dalam sepekan usai lebaran sekitar 32,01 persen pada sepekan terakhir," katanya dalam agenda Rapat Kerja bersama Komisi IX DPR RI pada Kamis 27 Mei 2021 dikutip Ringtimesbanyuwangi.com dari Antara.

Lebih lanjut, Dante menyampaikan pasien yang tengah rawat inap di rumah sakit mengalami penurunan minus 0,72. Namun, angka kasus kematian meningkat 2,78 persen, tetapi masih di bawah standar WHO.

Peningkatan tersebut terjadi lantaran spesimen yang diperiksa meningkat sebanyak 89,98 persen.

Menurut Dante, jika dilihat dari pola kasus usai lebaran maka peningkatan dapat diamati secara signifikan dalam kurun waktu enam hingga tujuh bulan ke depan.

Halaman:

Editor: Ikfi Rifqi Arumning Tyas

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah