BMKG Peringatkan Hujan Lebat Disertai Kilat dan Angin Kencang, Cek Wilayah Terdampak

- 28 Mei 2021, 11:12 WIB
BMKG peringatkan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang
BMKG peringatkan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang /PIXABAY

RINGTIMES BANYUWANGI – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan hujan lebat yang disertai kilat dan angin kencang.

Menurut keteragan BMKG, sirkulasi siklonik terpantau di Papua Barat yang membentuk daerah pertemuan kecepatan angin yang memanjang di Maluku dan Papua Barat, serta daerah pertemuan angin di perairan Utara Halmahera hingga Papua Barat.

Baca Juga: Penjelasan BMKG Soal Peringatan Gempa Magnitudo 8,5 dan Tsunami di Wilayah Indonesia

Sirkulasi siklonik lainnya terpantau di Samudera Hindia Barat Sumatera yang membentuk konveregensi memanjang di Samudera Hindia Barat Bengkulu dan konfluensi di perairan Barat Sumatera Barat.

Sirkulasi siklonik juga terjadi di Samudera Pasifik Utara Papua yang membentuk konvergensi memanjang di Perairan Utara Halmahera hingga Papua Barat dan konfluensi di Kalimantan Utara, Laut Sulawesi dan Maluku Utara.

Baca Juga: Pemikiran Islam Bung Karno, ‘Tabir Adalah Simbol Perbudakan Perempuan’

Daerah pertemuan angin atau konfluensi juga terpantau di Selat Malaka.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi dan konfluensi tersebut.

Dilansir Ringtimesbanyuwangi.com dari laman bmkg.go.id, Jumat 28 Mei 2021, berikut sejumlah wilayah Indonesia yang terdampak hujan lebat disertai kilat dan angin kencang.

Baca Juga: Perintah Pertama Bung Karno Setelah Jabat Presiden: Sate Ayam Lima Puluh Tusuk

Halaman:

Editor: Ikfi Rifqi Arumning Tyas

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x