3 Ucapan Khas dari Jokowi dalam Pembukaan PON XX Papua 2021 Membuat Masyarakat Histeris

- 4 Oktober 2021, 07:45 WIB
Sambutan yang diberikan oleh Presiden Jokowi dalam Pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 sontak membuat penonton histeris.
Sambutan yang diberikan oleh Presiden Jokowi dalam Pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 sontak membuat penonton histeris. /Foto: Twitter @jokowi/

RINGTIMES BANYUWANGI – Pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 telah digelar pada Sabtu, 2 Oktober malam di Stadion Lukas Enembe.

Dalam pembukaan tersebut, nampak Presiden Jokowi turut hadir dan memberikan sambutannya.

Presiden Jokowi menyapa masyarakat Papua yang hadir dalam Pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 tersebut dengan tiga ucapan yang menjadi khas bagi masyarakat Papua.

Baca Juga: Hasil Pertandingan Cabang Olahraga Sepak Bola dan Futsal PON XX Papua 28 September 2021

"Huwe foi, onomi rehmay, wa wa wa, salam olahraga," kata Presiden Jokowi dalam sambutan pembukaan PON XX Papua 2021, seperti dikutip dari Pikiran Rakyat Depok.

Masyarakat yang hadir sontak menjadi riuh setelah Presiden Jokowi memberikan 3 ucapan yang sering diucapkan oleh masyarakat yang berasal dari wilayah timur Indonesia tersebut.

Adapun makna dari ucapan "Huwe foi dan onomi rehmay" adalah selamat malam, atau bisa juga selamat datang dan Tuhan memberkati yang mana ucapan tersebut berasal dari bahasa Sentani.

Baca Juga: Pertandingan PON XX Papua 27 September 2021

Sementara itu, kalimat "wa wa wa" biasa digunakan untuk membuka atau menutup pembicaraan bagi masyarakat di wilayah pegunungan Papua.

Tokoh Pemuda Papua Otniel Deda menuturkan bahwa dirinya mengapresiasi dan bangga atas sapaan dari Presiden Jokowi tersebut.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh

Sumber: Pikiran Rakyat Depok


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x