Dinas Kesehatan Memantau Langsung Acara Street Food Festival di Banyuwangi, Utamakan Kesehatan dan Kebersihan

- 4 April 2022, 16:05 WIB
Acara Street Food Festival yang diselenggarakan di Banyuwangi mendapatkan pantauan langsung dari Dinas Kesehatan.
Acara Street Food Festival yang diselenggarakan di Banyuwangi mendapatkan pantauan langsung dari Dinas Kesehatan. /Moch. Rifqi Wildan/Ringtimes Banyuwangi/

RINGTIMES BANYUWANGI - Street Food Festival yang diselenggarakan di Jalan Brigjen Katamso Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, dihadiri langsung oleh bupati Ipuk Fiestiandani dan dilakukan pemotongan pita sebagai bentuk peresmian pada Minggu, 3 April 2022.

Street Food Festival diselenggarakan di beberapa titik bumi Blambangan.

Meskipun pemerintah memberikan pelonggaran terhadap kegiatan masyarakat, namun protokol kesehatan tetap harus dilakukan.

Baca Juga: UMKM Unggulan Industri Rumahan Tahu di Desa Gitik Banyuwangi Keluhkan Harga Kedelai Mahal

Dinas Kesehatan Banyuwangi juga memantau langsung pelaksanaan Street Food Festival sebagai bentuk pengamanan terhadap penggunaan pengawet dan pewarna makanan.

Menurut Winanto selaku Subkoordinator Fungsional Kesehatan Lingkungan dalam pemeriksaan makanan, Dinas Kesehatan menggunakan empat indikator yaitu Rhodamin, Formalin, Methyl Yellow, dan Boraks.

"Untuk pengecekan kita menggunakan empat Indikator," jelasnya.

Untuk saat ini pengecekan terhadap kualitas makanan hanya terdapat di pasar takjil wilayah Banyuwangi, nantinya setiap puskesmas akan diarahkan untuk terjun langsung melihat semua olahan makanan di setiap titik pasar takjil.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Kabupaten Banyuwangi Hari Senin, 04 April 2022, Menurut BMKG : Aman

Pada hari pertama, Dinas Kesehatan telah mengecek sebanyak tiga belas sampel yang diduga tidak aman, sistem pengecekan dilakukan secara random.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x