Menag Yaqut Cholil Qoumas Jadi Korban Pemberitaan Hoaks, Judul Berita Pikiran Rakyat Dimanipulasi 

- 9 Mei 2022, 07:00 WIB
Baru-baru ini Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menjadi korban pemberitaan hoaks hasil manipulasi judul berita Pikiran-Rakyat.com.
Baru-baru ini Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menjadi korban pemberitaan hoaks hasil manipulasi judul berita Pikiran-Rakyat.com. /Tangkapan layar Instagram/pikiranrakyat/

 

RINGTIMES BANYUWANGI - Baru-baru ini Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menjadi korban pemberitaan HOAKS. 

Pasalnya salah satu berita tentang Yaqut Cholil Qoumas yang dimuat Pikiran-Rakyat.com telah dimaipulasi oleh penyebar HOAKS dengan mengganti judul aslinya. 

Sebuah tangkapan layar judul artikel mengatakan bahwa Yaqut Cholil Qoumas meminta masyarakat mengikhlaskan dana haji untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

Artikel itu pernah dimuat di Pikiran-Rakyat.com dengan judul "Penyebar Hoaks Memanipulasi Judul Pemberitaan Pikiran Rakyat, Menag Ikut Jadi Korban,pada 8 Mei 2022.

Judul dari tangkapan layar tersebut tampaknya telah dimanipulasi oleh penyebar HOAKS dari judul artikel aslinya yang dimuat pada 5 Mei 2022. 

Pikiran-Rakyat.com menulis sebuah artikel yang berjudul "Menag Yaqut Cholil Qoumas Diminta Turun dari Jabatannya, Buntut Ucapan Selamat Lebaran" sedangkan dari tangkapan layar yang beredar judulnya berubah menjadi “Menag minta masyarakat ikhlaskan Dana Haji dipakai pemerintah untuk IKN.”

Tak hanya perihal judul, artikel Pikiran-Rakyat.com tersebut hanya membahas terkait pernyataan Yaqut Cholil Qoumas yang menyampaikan permintaan maafnya di tengah perayaan Idul Fitri 2022.

Baca Juga: Masyarakat Diizinkan Masuk Lapangan Usai Sholat Idul Fitri di JIS, Anies Baswedan: Ada Rutenya

Dalam artikel asli itu, beberapa pihak juga merespons terkait ucapan Menag.

Halaman:

Editor: Al Iklas Kurnia Salam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x