Banyuwangi Kembali Jadi Lokasi Program Pelatihan Seni Budaya bagi Mahasiswa Luar Negeri

- 7 Juni 2023, 19:08 WIB
Para peserta BSBI yang merupakan mahasiswa dari 9 negara, di antaranya Rusia, Qatar, Australia, Kazakhstan, India, Filipina, Malaysia, Timor Leste, dan Indonesia.
Para peserta BSBI yang merupakan mahasiswa dari 9 negara, di antaranya Rusia, Qatar, Australia, Kazakhstan, India, Filipina, Malaysia, Timor Leste, dan Indonesia. /istimewa/

RINGTIMES BANYUWANGI– Kabupaten Banyuwangi kembali terpilih sebagai lokasi pelaksanaan program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) yang digelar Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI.

Selama dua bulan, 9 pemuda dari berbagai negara akan mengikuti mengeksplor dan berlatih tentang seni budaya Banyuwangi.

Para peserta BSBI ini merupakan mahasiswa dari 9 negara, di antaranya Rusia, Qatar, Australia, Kazakhstan, India, Filipina, Malaysia, Timor Leste, dan Indonesia.

Baca Juga: Menengok Kemeriahan Turnamen Bola Voli Antar Desa yang Perebutkan Piala Bupati Banyuwangi

Mereka tinggal di Banyuwangi mulai 6 Juni - 5 Agustus 2023 untuk mempelajari ragam seni dan budaya asli Bumi Blambangan, seperti tarian, lagu daerah, kuliner, adat istiadat, dan sebagainya.

BSBI merupakan salah satu program unggulan Kemenlu sejak 2003 untuk mempromosikan seni dan budaya Indonesia kepada masyarakat dunia. Dalam pelaksanaan kali ini, BSBI diikuti sebanyak 45 peserta dari 34 negara.

Mereka ditempatkan di 5 kabupaten/kota yang berbeda, salah satunya Banyuwangi.

“Terima kasih Kemenlu kembali memilih dan mempercayakan program ini dilaksanakan di Banyuwangi. Ini menjadi momentum untuk mempromosikan khazanah seni budaya Banyuwangi di kancah internasional,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani pada Rabu, 7 Juni 2023.

"Saya berharap, 9 mahasiswa ini akan menjadi "ambassador" Banyuwangi ketika mereka usai program dan kembali ke negaranya," imbuh Ipuk.  

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x