BES-72 Angakatan Laut Surabaya Terkesima dengan Sejarah Banyuwangi

- 9 Juni 2023, 13:25 WIB
Persatuan Purnawirawan AKABRI mengunjungi Disbudpar Banyuwangi.
Persatuan Purnawirawan AKABRI mengunjungi Disbudpar Banyuwangi. /istimewa/

RINGTIMES BANYUWANGI- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata mendapat kunjungan dari Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut alumni Akademi Tentara Nasional Indonesia (AKABRI) Bumi Moro Surabaya tamatan tahun 1972.

Sebanyak 28 purnawirawan hadir di kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banyuwangi pada Kamis, 8 Juni 2023.

Bersama beberapa anggota Pangkalan Angkatan Laut Banyuwangi, para purnawirawan melakukan tour di Museum Blambangan dan Geopark Ijen Center yang terletak di komplek kantor Disbudpar Banyuwangi.

 Baca Juga: Warnai Festival Budaya Blambangan, Pagelaran Wayang Kulit Dipadati Penonton

Museum Blambangan menjadi spot pertama tur pada kali ini. Pemandu museum memaparkan penjelasan mengenai perjalanan sejarah berikut benda peninggalannya secara rinci dan cermat..

Para purnawirawan yang seluruhnya berasal dari luar Banyuwangi pun terlihat sangat antusias dan ikut mencermati penjelasan yang diberikan.

Setelah dari Museum Blambangan, para purnawirawan diarahkan ke Geoark Information Center.

Di sana para purnawirawan mendapat penjelasan mengenai perjalanan geologis wilayah Banyuwangi mulai dari jaman purbakala hingga hari ini. Setelah sesi penjelasan berakhir, para purnawirawan disuguhi film pendek mengenai Ijen Geopark.

Para purnawirawan juga diajak melihat rumah adat Osing yang dilengkapi dengan beberapa kesenian seperti barong dan alat musik.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x