Banyuwangi Jaman Bengen Jadi Tempat Nostalgia Kenang Masa Kecil

- 14 Juni 2023, 19:27 WIB
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Banyuwangi Dwi Yanto antusias ketika menemukan permainan dakon.
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Banyuwangi Dwi Yanto antusias ketika menemukan permainan dakon. /Fitri Anggiawati/Ringtimes/

RINGTIMES BANYUWANGI- Penyelenggaraan event Banyuwangi Jaman Bengen cukup dinantikan oleh masyarakat, utamanya mereka yang merindukan kenangan tempo dulu. 

Salah satunya Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Banyuwangi Dwi Yanto yang merasa terkenang masa kecilnya ketika menghadiri acara tersebut pada Senin, 12 Juni 2023.

"Saat kecil saya bisa bermain lompat tali pakai karet yang disambung itu. Kami sangat luar biasa bisa bermain kasti dan bermain dakon," kenangnya. 

Ia mengaku bertanya-tanya ke mana benda tersebut kini, dan berharap permainan zaman dahulu dapat kembali diterapkan di lingkungan sekolah masa kini. 

Baca Juga: Ribuan Siswa di Banyuwangi Antusias Ikuti Seleksi Penari Gandrung Sewu 2023

Dirinya membuat sedikit kesimpulan bahwa permainan tempo dulu kini tergerus arus modernisasi dan teknologi. 

"Padahal semuanya bisa dianimasi. Main dakon bisa dianimasi, main catur juga bisa di animasi, jadi bisa main catur sendiri menggunakan komputer," terangnya. 

Dwi berharap di masa depan, pemerintah dapat bekerjasama dengan anak-anak muda yang melek teknologi untuk kembali membangkitkan permainan lawas tersebut serta mengenalkan pada generasi berikutnya. 

"Alhamdulillah kemarin saya lihat di Facebook ada wayang yang sudah mulai animasi. Saya luar biasa, bangga sekali," ujarnya. 

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x