Melihat Kedekatan dan Canda Menkes dengan Kader Kesehatan Banyuwangi

- 9 Juli 2023, 16:05 WIB
Melihat Kedekatan dan Canda Menkes dengan Kader Kesehatan Banyuwangi
Melihat Kedekatan dan Canda Menkes dengan Kader Kesehatan Banyuwangi /Dian Effendi/

RINGTIMES BANYUWANGI – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengunjungi Posyandu Seruni di Kelurahan Sobo, Kecamatan/Kabupaten Banyuwangi, Sabtu (8/7/2023). Budi terlihat akrab saat bersua dengan puluhan kader kesehatan.

Baru saja Menteri tiba, para kader posyandu menyambutnya dengan penampilan dan yel-yel. Kader yang mayoritas adalah ibu-ibu itu tampil lincah di hadapan Budi yang didampingi Bulati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani. Setelahnya, mereka mengantar Budi menengok program-program dan layanan posyandu. Salah satu yang ditonjolkan adalah Bengkel Sakinah, program besutan Bupati Ipuk berupa ruang konsultasi kesehatan keluarga.

Di sana, Budi melihat bagaimana para kader tersebut menjalankan perannya dalam promosi kesehatan mental keluarga. Budi tampak menyimak apa yang disuguhkan para kader tersebut.

"Saya melihat posyandu di sini aktif. Kader-kadernya semangat. Saya berharap, dengan kader yang bersemangat, layanan kepada masyarakat bisa baik," kata Budi.

Dalam kunjungan itu, Budi menyempatkan berdialog dengan puluhan kader posyandu. Dalam forum itu mereka berinteraksi, berdiskusi, dan bercanda. Mendapat kesempatan berdialog, salah satu kader dengan semangatnya langsung bertanya kepada Budi.

Ibu Siti Badriyah, kader yang telah bertugas selama 13 tahun, berharap Kemenkes akan menggelar pelatihan kepada para kader di Jakarta.

"Kami ini sudah terbaik pak, di sini. Supaya kami lebih berkembang, kalau bisa ya diundang ke Jakarta. Dilatih di ibukota gitu lho Pak," seloroh Siti yang disambut gelak tawa oleh Budi.

Budi lalu menjelaskan, Kemenkes tengah menyiapkan program pelatihan untuk 3 juta kader posyandu se-Indonesia. Mereka akan dilatih sesuai dengan tingkat keterampilan masing-masing.

"Kemenkes akan melatih para kader posyandu. Kita training kembali, kenapa? Karena kami ingin kader itu tidak hanya menjaga kesehatan balita dan ibu hamil, tapi juga lansia, remaja. Jadi ke depan itu kader harus menyentuh semua siklus hidup, semua usia," papar Budi.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x