Muhibah Budaya Ramaikan Sepekan Banyuwangi Ethno Carnival

- 9 Juli 2023, 17:50 WIB
Muhibah Budaya Ramaikan Sepekan Banyuwangi Ethno Carnival
Muhibah Budaya Ramaikan Sepekan Banyuwangi Ethno Carnival /Dian Effendi/

RINGTIMES BANYUWANGI - Rangkaian Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) yang dihelat selama sepakan (5-9 Juli 2023), dimeriahkan dengan berbagai kegiatan. Di antaranya adalah muhibah budaya yang semarakkan Gedung Gesibu Blambangan.

Muhibah Budaya yang digelar Jumat malam (7/7/2023) tersebut menampilkan berbagai atraksi tari dari sejumlah daerah. Tidak hanya dari Banyuwangi, tapi juga diikuti oleh Situbondo, Bondowoso hingga Kabupaten Bontang. Mereka menampilkan atraksi budayanya masing-masing.

“Muhibah Budaya ini tidak semata pertunjukkan, namun sebagai wadah saling silaturahmi dan memperkuat kebudayaan di daerah masing-masing,” ungkap Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat hadir dalam acara tersebut.

Dengan muhibah budaya demikian, lanjut Ipuk, bisa melahirkan kreasi dan ide baru dalam mengeksplorasi budaya daerah. “Sehingga kita bisa memperkuat kekhasan budaya lokal, sembari menggali inspirasi baru dari budaya budaya yang berasal dari tempat lain,” imbuhnya.

Muhibah Budaya tersebut dibuka dengan penampilan tari gandrung jejer paju. Tari kreasi khas bumi Blambangan ini ditampilkan dengan cukup baik oleh para peserta program beasiswa pertukaran budaya. Pemuda-pemudi dari sejumlah negara di Asia dan Eropa itu, tampak lues memainkan selendang. Sambutan meriah mengiringi penampilan mereka yang tak lebih dari sebulan terakhir belajar menari.

Selain itu, disusul dengan penampilan tarian dari sejumlah tamu budaya. Di antaranya adalah tari pedalaman Dayak yang dibawakan oleh delegasi Kabupaten Bontang. Adapula tari Ajhem Sap Sap dari Situbondo. Sedangkan Kabupaten Bondowoso yang bersama-sama dengan Banyuwangi mengajukan Ijen Geopark dalam Unesco Global Geopark (UGG) menghadirkan tari kreasi berjudul Kaldera Ijen.

Sedangkan para seniman Banyuwangi menyajikan tari Jaran Goyang Edan dan sejumlah seni adaptasi dari daerah lain. Seperti tari reog Ponorogo dari sanggar Kromosono Budoyo dan joged Bumbung khas Bali dari sanggar Yowana Dharma Bhakti.***

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x