Minimalisir Risiko Rabies, Banyuwangi Vaksin Anjing-Kucing di Wilayah Pinggiran

- 13 Juli 2023, 08:00 WIB
Minimalisir Risiko Rabies, Banyuwangi Vaksin Anjing-Kucing di Wilayah Pinggiran
Minimalisir Risiko Rabies, Banyuwangi Vaksin Anjing-Kucing di Wilayah Pinggiran /Dian Effendi/

RINGTIMES BANYUWANGI - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi mulai memvaksin hewan-hewan pembawa virus rabies di wilayahnya.

Hewan-hewan yang berada di wilayah pinggiran menjadi sasaran awal proses vaksinasi.

Pada awal pekan ini, Dispertangan telah menyuntik puluhan anjing dan kucing di Kecamatan Tegaldlimo. Nantinya, vaksinasi rabies akan dilanjutkan ke daerah-daerah lain seperti Muncar, Purwoharjo, Pesanggaran, Blimbingsari, Kalibaru, dan Glenmore.

"Yang sudah kami vaksin sebanyak 67 ekor anjing dan 10 ekor kucing," kata Plh Kepala Dispertangan Kabupaten Banyuwangi Nanang Sugiarto, Rabu (12/7/2023).

Nanang menjelaskan, sasaran awal vaksinasi rabies adalah hewan-hewan yang dilepasliarkan. Artinya, anjing atau kucing tersebut memiliki tuan. Namun kesehariannya hewan tersebut dilepasliarkan ke lingkungannya.

Sementara wilayah pinggiran menjadi sasaran utama sebab daerah tersebut banyak berbatasan dengan hutan-hutan. Sehingga, keberadaan hewan tersebut rentan untuk tertular rabies.

Nanang menjelaskan, Kabupaten Banyuwangi nihil kasus rabies hingga saat ini. Namun karena berada di dekat daerah endemik rabies, yakni Bali, antisipasi lebih dini perlu dilakukan.

"Bagaimanapun, Banyuwangi dekat dengan daerah endemik, jadi harus meningkatkan kewaspadaan," tambah Nanang.

Setelah hewan yang dilepasliarkan, vaksinasi akan dilanjutkan pada hewan-hewan peliharaan yang dirumahkan. Untuk sasaran ini, populasi terbanyak berada di daerah kota dan sekitarnya.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x