Sepekan Tamansuruh, Ungkit Potensi di 'Desa Cantik' Banyuwangi Selama Sepekan

- 18 Juli 2023, 08:00 WIB
Sepekan Tamansuruh, Ungkit Potensi di "Desa Cantik" Banyuwangi Selama Sepekan
Sepekan Tamansuruh, Ungkit Potensi di "Desa Cantik" Banyuwangi Selama Sepekan /Dian Effendi/

RINGTIMES BANYUWANGI - Festival Sepekan Tamansuruh di Desa Tamansuruh, Kecamatan Glagah, Banyuwangi digelar mulai 16-23 Juli 2023. Event yang masuk dalam kalender Banyuwangi Festival (B-Fest) itu menyuguhkan berbagai atraksi dan budaya lokal yang lestari hingga kini.

Tamansuruh merupakan desa yang berada di kaki Gunung Ijen. Budaya dan tradisi agraris sangat lekat dindesa tersebut. Desa Tamansuruh sangat dikenal dengan wisata alamnya yang menarik.

"Tamansuruh dikenal dengan lokasinya yang sangat sejuk, berada di kaki Ijen. Di sana juga dikenal dengan Agro Wisata Tamansuruh yang sangat asri. Festival ini untuk mengangkat kekayaan wisata dan tradisi Desa Tamansuruh ini," kata Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, Senin (17/7/2023).

Salah satu tradisi seni yang ditampilkan dalan festival itu adalah Pencak Sumping. Pencak sumping adalah atraksi bela diri masyarakat Osing di Dusun Mondoluko, Desa Tamansuruh yang biasa digelar setiap pelaksanaan Idul Adha.

Pencak Sumping diatraksikan dengan pertunjukan serang-hindar antara dua pesilat, baik dengan tangan kosong maupun senjata.

Sepanjang pertunjukan, musik tradisional mengiringi pergulatan antarpesilat.

Bagian akhir pertunjukan diisi dengan memasukkan makanan tradisional sumping oleh pesilat yang menang ke lawannya.

Sumping adalah jajanan pasar berbahan tepung beras dan pisang yang dibungkus dengan daun pisang. Di daerah lain, makanan ini disebut nagasari.

"Pencak Sumping merupakan salah satu tradisi yang sangat kental di sini. Kami ingin menjadikan Pencak Sumping sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari para siswa di desa ini," kata Kepala Desa Tamansuruh, Teguh Eko Rahadi.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x