Kembali Cek Distribusi LPG, Bupati Ipuk: Pertamina Akan Tambah Pasokan 32% dari Kuota

- 26 Juli 2023, 20:58 WIB
Bupati Ipuk Kembali Cek Distribusi LPG
Bupati Ipuk Kembali Cek Distribusi LPG /Dian Effendi/

RINGTIMES BANYUWANGI – Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani kembali melakukan pengecekan distribusi LPG 3 Kg. Setelah sebelumnya meninjau pelaksanaan operasi pasar, Ipuk hari ini turun dan mengecek sejumlah pangkalan di wilayah perkotaan, Rabu (26/7/2023).

“Ya, saya masih mendengar warga masih kesulitan mendapatkan LPG melon. Hari ini saya ajak Pertamina untuk ikut turun. Sama-sama kita coba cek di lapangan, kenapa kelangkaan LPG ini. Alhamdulillah, dari sidak hari ini tadi ada solusi, nanti Pertamina akan ada tambahan pasokan, kira-kira ada tambahan 32 persen dari pasokan biasanya,” kata Ipuk saat meninjau pangkalan LPG di wilayah Kelurahan Kertosari. Dia mengunjungi antara lain Pangkalan LPG di Pasar Berlian, berbincang dengan pengelolanya, Cupi Ardita.

“Saya minta rencana tambah pasokan segera dieksekusi, nanti saya cek terus,” imbuh Ipuk.

Pangkalan LPG kini menjadi pilihan warga untuk membeli LPG melon karena toko-toko kelontong sudah kehabisan stok. Selain itu, pangkalan masih menjual sesuai dengan HET, yakni Rp 16 ribu per tabung.

“Warga mengeluhkan kenaikan harga, terutama yang dijual toko. Untuk itu, kami pastikan pangkalan agar bisa melayani warga dan menjual sesuai harga yang ditetapkan pemerintah. Harga di pangkalan jangan dinaikkan,” kata Ipuk.

Dalam kesempatan itu, Ipuk membeberkan bahwa Pertamina berencana menambah kuota pasokan harian LPG 3Kg untuk Banyuwangi. “Itu salah satu opsinya, biar kondisi cepat stabil. Paralel, juga akan digelar operasi murah di seluruh kecamatan selama sepekan ini secara bergiliran. Kita akan pantau terus sama Pertamina dan cari solusi jangka pendeknya untuk menstabilkan kondisi kelangkaan ini,” ujar Ipuk. Tampak hadir pula Sales Brand Manager Pertamina Banyuwangi, Denny Nuhrahanto.

Berkoordinasi dengan Pertamina, operasi pasar digelar di 12 titik se-Banyuwangi dalam pekan ini di mana per titik dialokasikan 1.600 tabung elpiji 3 kg. Sehingga total disediakan 19.200 tabung elpiji 3 kg.

Sementara itu, Denny menjelaskan bahwa pasokan LPG 3 Kg untuk Banyuwangi mencapai 153 – 155 metricton/hari, atau setara 52 ribu tabung LPG 3 Kg. Kuota tahun ini sama dengan tahun sebelumnya, 2022.

“Untuk Banyuwangi, sebenarnya pasokan yang kita salurkan masih sama, tidak ada perubahan dari bulan kemarin maupun tahun kemarin juga. Namun, kami melihat tahun ini ada peningkatan konsumsi di masyarakat. Jadi, kebutuhan warga akan LPG tidak seimbang dengan kuota yang telah ditetapkan tahun ini,”kata Denny.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x