Festival Anak Yatim Banyuwangi Gelar Parenting Orang Tua Asuh

- 26 Juli 2023, 21:36 WIB
Gelar Parenting Orang Tua Asuh Dalam Rangkaian Festival Anak Yatim Banyuwangi
Gelar Parenting Orang Tua Asuh Dalam Rangkaian Festival Anak Yatim Banyuwangi /Dian Effendi/

RINGTIMES BANYUWANGI – Event tahunan ‘’Festival Anak Yatim (FAY)” kembali digelar Pemkab Banyuwangi, 25-26 Juli 2023. Kegiatan tersebut diawali dengan menggelar kelas parenting untuk membangun “bonding’’ yang baik antara anak-anak yatim dengan para pengasuhnya.

“Ilmu parenting itu penting. Setiap orang tua harus memahami pola asuh yang baik untuk putra-putrinya. Sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan layak dan memiliki karakter yang baik,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat membuka kegiatan tersebut di Banyuwangi, Selasa (25/7/2023).

Ipuk menambahkan, keluarga merupakan 'sekolah' pertama bagi anak-anak. Apa yang dilihat dan dialami anak di dalam keluarga akan mempengaruhi kepribadian mereka saat dewasa. Oleh karenanya, Ipuk berpesan agar para orang tua bisa membangun bonding (hubungan emosional) yang kuat dengan anak-anak. Sehingga anak merasa dicintai, nyaman, dan aman bersama orang tuanya.

“Hubungan emosional yang erat ini sangat penting untuk membangun rasa percaya diri anak sejak dini. Anak yang menerima kasih sayang orang tua akan tumbuh dengan rasa sayang yang besar untuk lingkungan sekitarnya. Mereka juga akan tumbuh bahagia,” kata Ipuk.

“Bapak-Ibu tetaplah semangat merawat anak-anak yatim. Berikan perhatian, kasih sayang, fasilitas, serta pendidikan yang baik untuk mereka. Semoga apa yang Bapak-Ibu lakukan bisa menjadi jalan terbukanya ridho Allah SWT,” kata Ipuk memotivasi.

Kelas parenting tersebut diikuti sebanyak 100 peserta yang terdiri dari para orang tua asuh dan anak-anak yatim. Kegiatan ini menghadirkan psikolog Betty Kumala sebagai narasumber.

Kelas parenting ini pun dikemas cukup menarik. Selain pemberian materi tentang pola asuh, peserta juga diajak bermain game-game seru untuk membangun komunikasi yang baik dan menguatkan kolaborasi antara anak dengan orang tua asuhnya. Seperti membuat sebuah obyek dari plastisin secara bersama-sama, benyanyi, dan banyak hal seru lainnya.

Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Pemkab Banyuwangi, Yusdi Irawan, mengatakan Festival Anak Yatim 2023 dilaksanakan dua hari, 25-26 Juli. Festival ini rutin digelar setiap tahun di Kabupaten Banyuwangi sejak 2012.

Dalam setiap gelaranannya, ribuan anak yatim berkumpul di Pendhopo Sabha Swagatha Blambangan. Mereka diajak bermain aneka permainan anak dan menikmati makanan dan minuman yang telah disediakan di lokasi.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x