Banyuwangi Fish Market Festival, Pesta Ikan Segar dan Promosi Potensi Perikanan

- 1 Agustus 2023, 21:10 WIB
Bupati Ipuk (tengah) bersama tamu undangan menghadiri Banyuwangi Fish Market Festival
Bupati Ipuk (tengah) bersama tamu undangan menghadiri Banyuwangi Fish Market Festival /Dian Effendi/

RINGTIMES BANYUWANGI - Pemkab Banyuwangi kembali menggelar Festival Pasar Ikan Banyuwangi yang dipusatkan di kawasan Kampung Mandar Banyuwangi.

Berlangsung sejak 31 Juli 2023, Festival Pasar Ikan Sewu Iwak (, diisi berbagai kegiatan. Di antaranya workshop kuliner dan edukasi oleh persatuan chef profesional Indonesia Banyuwangi, pameran olahan perikanan, dan pasar produk ikan segar.

“Festival ini merupakan salah satu upaya untuk mengangkat potensi perikanan daerah yang sangat besar. Nelayan yang awalnya hanya menjual ikan segar dengan marjin sedikit, kini bisa mendapat keuntungan lebih besar dengan mengolah ikan tersebut,” kata Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, Senin (1/ 8/2023).

Ipuk mengatakan Banyuwangi telah meningkatkan konsumsi ikan secara signifikan dari tahun 2021 di angka 61,25 kg per kapita, menjadi 63,57 kg per kapita pada tahun 2022. Hal ini menempatkan Banyuwangi sebagai kabupaten/kota terbaik dalam peningkatan konsumsi ikan di Indonesia.

“Kami berterima kasih kepada seluruh elemen masyarakat Kampung Mandar sebagai pusat kuliner ikan dan mudah-mudahan berdampak pada kesejahteraan nelayan di Kampung Mandar,” ujar Ipuk.

Fish Market di Kampung Mandar selama ini dikenal sebagai tempat kuliner seafood yang dekat dengan Pantai Boom. Lokasinya yang dekat dengan pusat kota menjadikan kawasan ini menjadi jujugan wisatawan yang ingin merasakan kuliner ikan segar.

Pengunjung dapat berburu ikan segar hasil tangkapan para nelayan di pasar ikan segar. Ada berbagai jenis ikan yang bisa dipilih, seperti kerapu, baronang, cakalang, kakap, dan lainnya. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp 35.000 hingga Rp 75.000 per kilogram.

Bupati Ipuk bersama undangan tamu sedang memasak dalam acara Festival Pasar Ikan Banyuwangi
Bupati Ipuk bersama undangan tamu sedang memasak dalam acara Festival Pasar Ikan Banyuwangi

Setelah membeli ikan segar, pengunjung bisa langsung membuatnya di warung kuliner warga sekitar kawasan festival. Ada beberapa pilihan cara memasak, seperti dibakar, dikukus, atau digoreng. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati berbagai produk olahan ikan seperti abon lemuru, kerupuk kerang, rambak kulit lele, rambak kulit patin, kripik udang, krupuk cumi, dan masih banyak lagi.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x