Banyuwangi Clean Up Day, Wabup Sugirah Bareng Ratusan Relawan Bersihkan Pantai Gumuk Kancil

- 4 Agustus 2023, 12:45 WIB
Wabup Sugirah Bareng Ratusan Relawan Bersihkan Pantai Gumuk Kancil
Wabup Sugirah Bareng Ratusan Relawan Bersihkan Pantai Gumuk Kancil /Dian Effendi/

RINGTIMES BANYUWANGI - Ratusan relawan lingkungan Banyuwangi yang tergabung dalam EcoRanger menggelar clean up day di Pantai Gumuk Kancil, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Kamis (3/8/2023). Wakil Bupati Banyuwangi, Sugirah ikut membaur bersama relawan membersihkan sampah di kawasan tersebut.

Banyuwangi Clean Up Day merupakan bagian dari program EcoRanger, “Osing Nyampah: Less Waste Village” yang diinisiasi Greeneration Foundation bersama Emvitrust Indonesia.

Ratusan relawan yang terlibat bertugas membersihkan area pantai. Mereka berpencar dalam kelompok yang terpisah-pisah. Setiap kelompok membawa kantong plastik besar untuk menampung sampah yang dipungut oleh relawan.

Relawan bersemangat memungut satu demi satu sampah yang berserakan di pantai kawasan Pulau Merah itu.

"Sejak Maret kami sudah mengolah 80 ton sampah. Hari ini, dalam waktu kurang lebih dua jam, para peserta berhasil mengumpulkan sekitar 500 kg sampah anorganik dari area pantai," kata Project Leader Greeneration Foundation, Almira.

Sampah anorganik, khususnya sampah plastik, mendominasi dibanding sampah jenis lain. Sampah-sampah itu akan diangkut ke tempat pengelolaan untuk didaur ulang.

Almira mengatakan, Program EcoRanger bertujuan untuk memberdayakan masyarakat Banyuwangi. Warga didorong agar mampu mengimplementasikan pola pengelolaan sampah berkelanjutan di lingkungannya masing-masing.

"Selain bersih-bersih pantai, kegiatan ini juga diisi dengan pelatihan dan edukasi kepada masyarakat mengenai pengelolaan sampah yang benar," terangnya.

Sementara Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah mengapresiasi aksi relawan EcoRanger. Pemkab Banyuwangi, kata dia, selalu mendukung berbagai upaya untuk menjaga kebersihan dan keindahan Banyuwangi.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x