Bupati Ipuk Kandidat Penerima Satyalancana Wira Karya, Dinas Perikanan Optimis Wisata Kelautan Berkembang

- 21 September 2023, 10:40 WIB
 Dinas Perikanan Optimis Wisata Kelautan Terus Berkembang
Dinas Perikanan Optimis Wisata Kelautan Terus Berkembang /Dian Effendi/Waktu Dering

RINGTIMES BANYUWANGI - Tim Sekretariat Militer Presiden (Sesmilpres) turun ke Banyuwangi untuk melakukan verifkasi lapang terkait program bidang kelautan yag dijalankan pemkab pada Kamis, 14 September 2023.

Mereka melakukan verifikasi dengan dua agenda, yakni pemaparan program dan peninjauan lapangan ke sejumlah lokasi.

Seperti diketahui, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menjadi salah satu kandidat penerima tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya (SWK), Bidang Pemerintahan dalam Pengelolaan, Pembangunan dan Pengembangan Kelautan. 

Satyalancana Wira Karya adalah tanda kehormatan yang diberikan Presiden RI kepada warganya yang telah memberikan jasa besar, secara umum maupun pada bidang tertentu, sehingga dapat menjadi teladan bagi orang lain.

"Ke Banyuwangi untuk ngecek kesesuaian dan validitas lapangan. Hasilnya nanti kami laporkan kepada Dewan Gelar Tanda Kehormatan sebagai bahan pertimbangan pengajuan usulan Satyalancana Wira Karya kepada Presiden,” ujar salah satu tim, Kolonel (CAJ) Sandy, Kepala Bagian Penganugerahan pada Biro Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan Sekretariat Militer Presiden, Kementerian Sekretariat Negara.

Sandy menjelaskan, dalam verifikasi  ini sedikitnya ada 5 komponen yang menjadi dasar penilaian. 

Yakni meliputi originalitas program, manajemen resiko, kelengkapan data dukung, kolaborasi dengan pemangku kepentingan terkait tugas dan fungsi organisasi, serta kemanfaatan program bagi masyarakat.

“Kemanfaatan program harus bisa dirasakan masyarakat. Bagaimana inovasi pembangunan kelautan yang dijalankan bisa berdampak dan memberikan nilai lebih kepada masyarakat. Inilah yang kita nilai dalam tinjau lapang. Selain mendengarkan langsung pemaparan dari Ibu Bupati, kami juga mengumpulkan informasi valid dari spot-spot terkait,” tegas Sandy.

Dalam kesempatan itu, Bupati Ipuk memaparkan secara komprehensif program-program pembangunan di Banyuwangi, khususnya pembangunan di sektor kelautan dan perikanan.  

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x