Satu Dekade 'Banyuwangi Batik Festival', Bukti Konsistensi Pengembangan Ekosistem Batik Banyuwangi

- 24 Oktober 2023, 07:57 WIB
 BBF digelar 2023, di Creative Hub, Terminal Pariwisata Terpadu, Jumat- Sabtu (21-22/10/2023).
BBF digelar 2023, di Creative Hub, Terminal Pariwisata Terpadu, Jumat- Sabtu (21-22/10/2023). /Lailatul Khomsiyah/Ringtimes/

RINGTIMES BANYUWANGI - Pemkab Banyuwangi konsisten mengembangkan ekosistem batik lokal Banyuwangi. Salah satunya lewat gelaran Banyuwangi Batik Festival (BBF) yang telah berjalan satu dekade ini. Tahun ini BBF digelar 2023, di Creative Hub, Terminal Pariwisata Terpadu, Jumat- Sabtu (21-22/10/2023).

Berkat konsistensi tersebut kini industri dan gerai batik terus tumbuh, paralel dengan banyaknya desainer-desainer muda yang bermunculan. Tidak hanya itu, motif batik Banyuwangi juga terus berkembang dan dieksplorasi dari kekayaan potensi yang dimiliki Banyuwangi.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, mengatakan BBF bukan hanya sekadar fashion show. Namun merupakan rangkaian dari upaya Banyuwangi menumbuhkan ekosistem batik di Banyuwangi.

Baca Juga: Hari Santri, Bupati Ipuk Ajak Santri Jihad Lawan Perundungan di Lingkungan Pendidikan

“BBF bukan sekedar peragaan busana, namun ini adalah memicu lebih pesat pengembangan industri batik Banyuwangi. Tidak hanya di ujungnya saja. Tapi, dari hulu ke hilir. Dari produksi hingga bisa berupa pakaian jadi,” kata Bupati Banyuwangi dalam acara BBF Sabtu malam (21/10/2023).    

Selama sepuluh tahun terakhir, pemkab getol menggelar pelatihan dan mendatangkan pelaku industri batik nasional, juga desainer nasional ke Banyuwangi, untuk melatih Indukstri Kecil Menengah (IKM) batik Banyuwangi.

“Alhamdulillah, kini ekosistem batik mulai tumbuh. Pelauku umkm yang awalnya hanya belasan, kini sudah mencapai 60 pelaku usaha batik di Banyuwangi. Belum lagi para desainer yang desainnya sudah semakin bagus, para perajin batik yang juga ikut tumbuh. Kami berharap ekosistem ini terus membesar,” kata Ipuk.

Baca Juga: 15.445 Keluarga di Banyuwangi Terima Bantuan Pangan Pengentasan Stunting

BBF tahun ini yang mengangkat motif Sembruk Cacing menampilkan puluhan busana batik dengan tema serupa. Ada busana muslim, casual, resmi, hingga busana pesta. Banyuwangi sendiri memiliki 44 motif batik yang setiap tahunnya secara bergantian diangkat.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x