Suka Makanan Bersantan? Yuk Kenali Batas Toleransi Pada Tubuh

- 25 Mei 2020, 19:45 WIB
Opor ayam dengan kuah santan kental amat lezat disajikan bersama ketupat di hari lebaran. Tapi, jika tidak dibatasi, konsumsi yang berlebihan akan menjadi masalah bagi kesehatan Anda. /Instagram @resepaslibunda

RINGTIMES BANYUWANGI - Setiap orang memiliki batas toleransi masing-masing saat memakan makanan bersantan.

Ada yang kuat saat memakan makanan pedas  atau pun bersantan, dan juga ada yang makan sedikit saja sudah langsung diare.

"Orang yang memiliki riwayat masalah pencernaan maka sebaiknya hindari makanan pedas dan bersantan karena akan menimbulkan diare," ujar ahli gizi dari Rumah Sakit Mayapada Kuningan, Christina Andhika Setyani melalui pesan singkat yang diterima di Jakarta, Senin.

Baca Juga: Sakit Hati Karena Dihina, Seorang Warga Baleendah Bandung Ini Tusuk Temannya Hingga tewas

Seperti kami kutip dari artikel berjudul Kenali batas toleransi tubuh pada makanan bersantan

Yang bisa dilakukan adalah menyadari dan mengenali batas kemampuan diri soal makanan.

Christina menjelaskan secara umum Kementerian Kesehatan menyarankan tingkat konsumsi normal untuk gula adalah 54gr (4sdm), garam 2000mg, natrium 1 sendok teh dan lemak atau minyak 72 gr atau 5 sendok makan untuk seluruh asupan makan per hari.

"Batas batas inilah yang harus diperhatikan dalam konsumsi makanan terutama makanan lebaran yang notabene mengandung banyak lemak, garam dan gula," jelas Christina.

Baca Juga: Bill Gates Ditangkap FBI Karena Ciptakan Virus Corona? Cek Faktanya

Asupan gula, garam dan lemak yang berlebih dalam waktu lama akan meningkatkan risiko penyakit tidak menular lain seperti diabetes, jantung, hipertensi.

Halaman:

Editor: Firda Marta Rositasari

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X