Waspada Diabetes Bisa Menyerang Remaja Bahkan Anak-anak, Begini Ciri-cirinya

- 14 September 2020, 21:55 WIB
Ilustrasi anak-anak dan orangtuanya //PIXABAY

RINGTIMES BANYUWANGI – Diabetes merupakan penyakit yang paling berbahaya dan banyak menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Diabetes mellitus adalah penyakit gangguan metabolik yang disebabkan oleh pankreas karena tidak dapat memproduksi cukup insulin.

Atau secara singkatnya, tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang diproduksi secara efektif. Oleh karena itu tingkat glukosa (gula darah) diatas normal atau hiperglikemia. Insulin adalah hormon yang dibutuhkan untuk mengatur keseimbangan kadar gula darah.

Penyakit diabetes menjadi salah satu penyakit yang paling berbahaya di Indonesia, bahkan di dunia. Diabetes memiliki tiga tipe, yakni diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, dan diabetes gestasional.

Penderita penyakit diabetes biasanya dialami oleh manusia dengan rentan usia 40 tahun ke atas. Sebenarnya, penyakit diabetes ternyata dapat menyerang siapa saja termasuk anak-anak dan remaja.

Baca Juga: Seorang Pria Memutilasi 9 Korbannya, dan Simpan Potongan Tubuh mereka di Dalam Kulkas

Dikutip dari berbagai sumber, begini ciri-cirinya:

1. Sering merasa haus dan buang air kecil

Kadar gula dalam yang darah berlebihan akan dibuang melalui urine. Hal ini akan membuat anak sering buang air kecil atau bahkan mengompol. Dengan banyaknya cairan tubuh yang keluar, anak pun akan cepat merasa haus dan minum lebih banyak dari biasanya.

2. Nafsu makan terus meningkat

Anak yang menderita diabetes akan kesulitan menghasilkan energi akibat gangguan fungsi atau berkurangnya jumlah insulin. Akibatnya, anak akan merasa sering sering kelaparan dan makan lebih banyak untuk memperoleh energi.

Halaman:

Editor: Ikfi Rifqi Arumning Tyas


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X