Fortrap Ajak Warga Berbagi Informasi Corona Melalui LaporCOVID19.org

- 19 April 2020, 21:34 WIB
Tampilan website LaporCovid19.org.*/ Tempo.co

RINGTIMESForum Transparansi Publik (Fortrap) mengajak warga Banyuwangi untuk berpartisipasi aktif menyampaikan informasi terkait perkembangan Covid-19 di lingkungannya.

Ketua Fortrap, Rosyidi Zein mengajak warga Banyuwangi untuk aktif berbagi informasi melalui laporcovid19.org.

“Model Citizen reporting covid-19 ini yang bisa digunakan warga sebagai tempat berbagi informasi mengenai angka kejadian Covid-19 yang mungkin luput dari pantauan pemerintah,” jelas Rosyidi, pada Minggu (19/4/2020).

Baca Juga: Klaim Medis Mengungkap Virus Corona dapat Menyebar Melalui Kentut

Hasil dari laporan warga melalui laporcovid19.org bisa dipakai untuk memberi masukan bagi pemerintah untuk menentukan kebijakan dan langkah penanganan Covid-19 bagi pemerintah.

Dilansir dari laporcovid19.org, flatform ini menyajikan data dan informasi yang belum terdeteksi atau yang luput dari data dan informasi resmi dari pemerintah.

LaporCOVID-19 memengkas prosedur dan birokrasi dalam pelaporan kasus terkait COVID-19. LaporCOVID-19 bisa menginformasikan kepada dinas terkait dan pemerintah mengenai kondisi seseorang yang mungkin terpapar virus Corona di lapangan berdasarkan kondisi atau gejala yang dimilikinya, sehingga memudahkan pendataan, pendeteksian, dan yang paling penting penanganan.

Baca Juga: Ahli Kesehatan Eropa: Gejala COVID-19 Bisa Dilihat dari Kaki, Cek Ini!

Untuk berpartisipasi atau memberikan informasi melalui laporcovid19.org, pelapor bisa menggunakan aplikasi Whatsapp dan Telegram.

Dilansir dari Tempo.co, laporcovid19.org digagas oleh Irma Hadayani bersama koleganya seperti jurnalis dan aktivis non pemerintah.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X