6 Jenis Buah yang Dianjurkan Bagi Penderita Asam Urat

- 24 Oktober 2020, 15:00 WIB
Ilustrasi buah-buahan/6 Jenis Buah yang Dianjurkan Bagi Penderita Asam Urat /Trang Doan/PEXELS

RINGTIMES BANYUWANGI – Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengobati asam urat adalah dengan menjaga pola makan, termasuk mengkonsumsi buah-buahan.

Ada beberapa jenis buah yang baik dikonsumsi oleh penderita asam urat guna mengatasi keluhan yang sering muncul.

Jika kita tidak cermat dalam memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi, maka rasa nyeri yang dirasakan bisa saja semakin memburuk.

Baca Juga: Mudahnya Transfer Saldo ShopeePay, Ikuti 5 Langkah Ini 

Selian mengkonsumsi obat-obatan, menjaga pola makan sehat juga sangat penting dilakukan untuk meminimalkan serangan asam urat serta mengurangi tingkat keparahan penyakit asam urat yang dialami.

Berikut adalah daftar buah-buahan yang dianjurkan bagi penderita asam urat seperti dilansir Ringtimesbanyuwangi.com dari laman Kesehatan Kontan:

1. Buah ceri 
Melansir Medical News Today, penelitian awal menunjukkan bahwa ceri dapat mengurangi risiko serangan asam urat, terutama pada orang dengan riwayat penyakit ini sebelumnya.

Baca Juga: 7 Obat Herbal Paling Dicari untuk Sembuhkan Asam Urat, Ternyata ada Disekitar Rumah

Sebuah studi pada 2012 terhadap 633 orang dengan asam urat menemukan bahwa makan ceri selama 2 hari dapat menurunkan risiko serangan asam urat sebesar 35% dibandingkan dengan tidak makan ceri. 

Efek ini bertahan bahkan ketika peneliti mengontrol faktor risiko, seperti usia, jenis kelamin, konsumsi alkohol, dan penggunaan diuretik atau obat anti asam urat. Di antara orang-orang yang juga menggunakan allopurinol, obat anti-asam urat, kombinasi obat dan ceri bisa menurunkan risiko serangan sebesar 75%.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh

Sumber: Kesehatan Kontan


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X