Kominfo Trending di Twitter, Warganet Justru Mencibir Sistem Pemblokiran Situs

- 23 Mei 2021, 12:12 WIB
Tagar Kominfo menjadi trending topic di Twitter, regulasi kerja dalam memblokir situs bermasalah justru mendapat sorotan dari warganet.
Tagar Kominfo menjadi trending topic di Twitter, regulasi kerja dalam memblokir situs bermasalah justru mendapat sorotan dari warganet. /Tangkapan layar Twitter @ndagles

RINGTIMES BANYUWANGI - Kebocoran data Warga Negara Indonesia (WNI) sebanyak 279 juta data membawa tagar Kominfo menjadi trending topic di Twitter pada 23 Mei 2021.

Warganet menyoroti langkah yang diambil Kominfo dalam mengatasi kebocoran data dengan memblokir situs yang memperjualbelikan data tersebut.

Pasalnya, warganet menilai langkah yang diambil Kominfo terkesan tidak mengatasi masalah yang ada.

Baca Juga: Kominfo Blokir Situs Raid Forums, Terkait Bocornya 279 Juta Data Pribadi WNI

Menurut warganet, hal yang dilakukan Kominfo tersebut sebenarnya tidak efektif lantaran akses terhadap website yang telah diblokir masih dapat dilakukan dengan menggunakan layanan terenkripsi atau VPN.

Selain itu, mereka berpendapat dibanding hanya menutup atau memblokir situs yang menjadi masalah, sebaiknya Kominfo mencari solusi dengan meningkatkan sistem keamanan website atau melakukan investigasi.

Sebelumnya, Kominfo secara resmi memblokir situs Raid Forum yang menjadi sumber masalah jual-beli sebanyak 279 juta data penduduk Indonesia pada 21 Mei 2021 melalui Siaran Pers No. 181/HM/KOMINFO/05/2021.

Baca Juga: Kominfo Sediakan Akses Pendaftaran Chatbot Whatsapp untuk Vaksin Covid-19

Tak hanya itu, Kominfo juga memblokir tiga tautan yang disebut telah melanggar hukum karena aktivitas pengunduhan data diri seperti bayfiles.com, mega.nz, dan anonfiles.com.

Halaman:

Editor: Ikfi Rifqi Arumning Tyas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x