Alasan Rotasi Bumi Jadi Berubah Lambat, Ternyata Gara-gara China

- 31 Mei 2021, 20:09 WIB
BENDUNGAN Tiga Ngarai atau Three Gorges Dam di Sungai Yangtze, Tiongkok.*
BENDUNGAN Tiga Ngarai atau Three Gorges Dam di Sungai Yangtze, Tiongkok.* /Twitter/CGTN_Culture

RINGTIMES BANYUWANGI – Sebuah bangunan besar berupa bendungan raksasa di negeri China nyatanya memiliki dampak yang siginifikan terhadap perputaran bumi.

Terdengar tak mungkin, namun siapa sangka jika Bendungan Tiga Ngarai yang diklaim bisa menahan debit air sangat banyak tersebut ternyata bisa merubah rotasi bumi.

Bendungan Tiga Ngarai terletak di Yichang, Provinsi Huberi, China yang selesai dibangun pada 2009.

Awalnya, isu bahwa bendungan tersebut mampu merubah rotasi bumi hanyalah isapan jempol belaka. Namun akhirnya peneliti mengkonfirmasi jika benar adanya bahwa bendungan besar itu telah membuat rotasi bumi berubah dan bergerak lambat.

Baca Juga: Stephen Hawking Ramal Nasib Bumi di Masa Depan, Manusia Harus Pindah ke Planet Lain

Rumor tersebut terus diverifikasi kebenarannya oleh Business Insider untuk memeriksa apakah benar klaim bendungan tersebut berpengaruh besar pada bumi.

"Secara umum, klaim tersebut menegaskan bahwa setelah waduk bendungan terisi, berat massanya akan cukup untuk sedikit merubah rotasi bumi,” tulis Business Insider.

Hebatnya, debit air yang bisa ditampung oleh bendungan megah itu lebih dari 29 triliun kilogram. Massa yang bergeser besar akan membuat rotasi bumi berubah dengan sebutan fenomena momen inersia.

Momen inersia berarti ukuran kelembapan suatu benda untuk berotasi terhadap porosnya, besaran tersebut adalah analog rotasi daripada massa.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh

Sumber: PR Bekasi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x