Ginseng Merah Berhasil Dibudidayakan di Banyuwangi, Wabup Panen Perdana

- 18 Juni 2021, 21:41 WIB
Wabup Banyuwangi panen ginseng merah.
Wabup Banyuwangi panen ginseng merah. //@sugirah//Instagram

RINGTIMES BANYUWANGI – Ginseng merah berhasil dibudidayakan oleh petani Dusun Pandan, Desa Kembiritan, Kecamatan Genteng, Banyuwangi.

Dilansir dari banyuwangikab.go.id, Wakil Bupati (Wabup) Banyuwangi, Sugirah, yang asli petani ini berkesempatan melakukan panen perdana.

Kesempatan ini merupakan kali pertama petani di Kabupaten Banyuwangi memanen gingseng yang merupakan tanaman asal Korea tersebut.

"Budidaya ginseng merah di Banyuwangi tergolong baru. Ginseng merah ini bisa menjadi komoditas yang mempunyai nilai ekonomi tinggi bagi petani," ucap Sugirah, Rabu, 17 Juni 2021.

Baca Juga: Festival Susur Sungai Muncar Banyuwangi, Menjaga Ekosistem dan Kualitas Air

"Ini komoditi yang menjanjikan, karena dari akar sampai daunnya memiliki khasiat dan nilai ekonomi," kata Sugirah.

Sugirah mengatakan bahwa ginseng merah merupakan salah satu yang diminati di pasar komoditi pertanian karena setiap bagian dari tanaman tersebut bisa dimanfaatkan.

Baca Juga: Stafsus Presiden Apresiasi Pemkab Banyuwangi yang Memperhatikan Pelayanan untuk Disabilitas


“Kalau diamati tanahnya biasa saja. Tapi karena dibantu pupuk organik, akhirnya bisa ditanam ginseng merah," ucap Wabup Sugirah.

Di bio Instagram-nya dia juga menuliskan, menuju Banyuwangi gemah ripah loh jinawi, toto tentrem karto raharjo. Baldatun toyyiban warobbun ghofur.

Baca Juga: Hujan Deras di Banyuwangi, Pasar Banjir hingga Rumah Kelongsoran

"Ini salah satu inovasi anak bangsa, di mana kita berhasil memindah teknologi tanam ginseng Korea ke Banyuwangi," ujar Sugirah.

"Semoga ini menjadi inspirasi bagi petani muda kita (di Banyuwangi) untuk mengambil tantangan inovasi pertanian sebanyak mungkin," ucap Wabup Sugirah.

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: banyuwangikab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x