Pembatalan Tiket KAI, Dua Cara Cancel Naik Kereta Api

- 20 Juli 2021, 19:42 WIB
Pembatalan tiket KAI bisa dilakukan dengan mudah. Cara cancel tiket kereta api bisa dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut.
Pembatalan tiket KAI bisa dilakukan dengan mudah. Cara cancel tiket kereta api bisa dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut. /PT KAI

 
RINGTIMES BANYUWANGI - Pembatalan tiket KAI semakin kerap dilakukan masyarakat di masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, sehingga perlu disimak cara cancel tiket kereta api berikut.

Pembatalan tiket KAI sering dilakukan agar uang yang telah dibayarkan bisa kembali ke pengguna jasa transportasi kereta api, sehingga dibutuhkan informasi cara cancel tiket kereta api.

Pembatalan tiket KAI bisa jadi acara yang dituju batal diselenggarakan atau ada sebab lain, misalnya pemberlakukan PPKM hingga perlu dilakukan cara cancel tiket kereta api berikut.

Baca Juga: 10 Arti Mimpi Naik Kereta Api, Pertanda Baik Hingga Kesedihan

Dilansir dari keterangan laman resmi KAI, Selasa 20 Juli 2021, berikut pembatalan tiket KAI dimana ada dua cara cancel tiket kereta api.

Pembatalan tiket kereta api di stasiun bisa dilakukan selain juga menempuh cara cancel tiket kereta api melalui aplikasi gawai  KAI Access yang lebih direkomendasikan.

Pembatalan Tiket Kereta Api di Stasiun

1. Pembatalan tiket kereta api di stasiun keberangkatan boleh dilakukan hingga 30 hari setelah tanggal keberangkatan yang dibatalkan.

2. Penumpang yang membatalkan tiket kereta api, yang namanya tercantum di tiket, harus datang sendiri melakukan pembatalan, membawa kartu identitas asli dan salinannya (foto copy).

Baca Juga: Mencoba Sensasi Menegangkan Ala Harry Potter di Kereta Sihir dengan Hogwarts Express

3. Pembatalan tiket KAI yang diwakilkan harus membawa surat kuasa dari pemilik tiket dilengkapi materai Rp6 ribu.

4. Mengisi formulir pembatalan yang telah disediakan di loket pelayanan mandiri di stasiun tempat proses pembatalan tiket kereta api.

5. Pembatalan tiket kereta api di stasiun seperti ini, pengembalian uang 100 persen akan diberikan secara tunai.

Baca Juga: Bali Dikabarkan Segera Miliki Kereta Tanpa Rel, Didiek Sebut Secara Investasi Lebih Murah

Pembatalan tiket kereta api juga bisa dilakukan melalui aplikasi gawai KAI Access yang lebih direkomendasikan dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

Cara Cancel Tiket Kereta Api dengan KAI Access

1. Install aplikasi KAI Access dan buat akun dengan menu registrasi

2. Tiket yang dibeli melalui aplikasi KAI Access bisa dibatalkan dengan menu Pembatalan yang ada di aplikasi. Sedangkan tiket yang dibeli di luar aplikasi KAI Access bisa dimasukkan dulu dalam aplikasi itu di menu Tambahkan Tiket.

Baca Juga: Di Wilayah Perairan Timur, China Akan Bangun Terowongan Kereta Api Bawah Laut

3. Cara cancel tiket kereta api yang sebelumnya dibeli di luar aplikasi KAI Access, pilih menu Tambahkan Tiket dan masukkan kode pemesanan (booking) atau kode pembayaran dan pastikan identitas calon penumpang benar.

4. Cara cancel tiket kereta api yang sebelumnya dibeli di luar aplikasi KAI Access, selanjutnya kembali ke beranda dan pilih menu Pembatalan.

5. Pembatalan tiket KAI di bagian menu Pembatalan, pilih tiket yang akan dibatalkan dari daftar yang ditampilkan.

Baca Juga: Darurat Wabah Corona, PT KAI Ganti 100 Persen Pembatalan Tiket

6. Muncul detail tiket untuk diperiksa lagi apakah tiket tersebut sudah sesuai dengan yang ingin dibatalkan. Bila telah sesuai dan benar, klik tombol Pembatalan.

7. Pilih penumpang-penumpang yang akan dibatalkan keberangkatannya dari tiket tersebut.

8. Muncul halaman untuk mengisikan data rekening bank pengembalian dana tiket yang dibatalkan.

9. Muncul halaman data yang memberikan informasi lengkap pembatalan tiket kereta api tersebut untuk dicek dan dikonfirmasi setelah sesuai.

Baca Juga: Jepang Bingung Setelah Diminta Bergabung dalam Proyek Kereta Cepat

10. Tiket-tiket yang sudah dibatalkan akan tersimpan dan bisa dicek di menu Riwayat dalam aplikasi KAI Access.

Pembatalan tiket KAI bisa dilakukan dengan dua cara di atas dimana lebih dianjurkan menggunakan jalur pembatalan tiket kereta api melalui aplikasi KAI Access untuk menghindari penularan Covid-19.

Pembatalan tiket KAI saat ini bahkan dilakukan secara sepihak oleh PT KAI untuk calon penumpang yang tidak memenuhi ketentuan naik dalam masa PPKM Darurat, sehingga sebaiknya memahami tahap pembatalan tiket kereta api di atas.***

Editor: Dian Effendi

Sumber: KAI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x